Scroll to Top

FaceWash, Proteksi Dini Akun FB dari Ancaman Graph Search

By Ibnu Azis / Published on Monday, 21 Jan 2013

Graph Search

FaceWash, sebuah tool gratisan di internet membantu pengguna FB untuk melindungi akunnya dari ancaman Graph Search, mesin penelusuran baru Facebook. Pertanyaannya sekarang, apakah ancaman itu?

Beberapa waktu lalu kita dikejutkan – mungkin Google dan Yahoo! juga terkejut – hadirnya search engine baru yang dirintis Facebook. Meski ketersediaannya sangat terbatas, mengingat masih berlebel betas, namun fiturnya sangat luar biasa.

Hanya dengan menginput kueri dengan kombinasi konten yang ada di Facebook, pengguna bisa menelusuri apa saja aktivitas pengguna di jejaring sosial popular ini.

Misalkan saja Anda mencari kata kunci atau topik ‘teman saya yang pernah berkunjung ke yogyakarta’, maka Facebook akan menampilkan daftar teman yang pernah singgah kekota Gudeg tersebut.

Nah kekhawatiran muncul bilamana baik Facebook dan pengguna menampilkan atau mencari konten yang miliki sensitifitas. Misalkan konten yang berbau dewasa atau ‘memalukan’. Memang Facebook tak mengizinkan konten dewasa hadir di situsnya, namun demikian tak jarang konten tersebut lolos.

Pun juga dengan konten ‘memalukan’. Misalkan saja Anda difoto teman saat hanya memakai celana dalam, mabuk, atau tidur mendengkur dan diunggah di Facebook. Nah konten-konten ini mungkin saja akan berkeliaran di Graph Search.

Memang hal-hal sensitif di atas bisa segera diatasi dengan pengaturan privasi. Namun tak semua pengguna sadar benar akan makna privasi itu sendiri. Belum lagi rasa malas akut yang menjangkit. Enggan klak-klik setting dan hanya ingin ber-Facebook-kan saja tak peduli dengan privasi.

Bagi Anda yang khawatir dengan masalah di atas, tak perlu risau. Hadir FaceWash, sebuah tool gratisan yang akan memindai konten-konten yang dinilai ‘berbahaya’. Cara kerja FaceWash sangat sederhana. Tool ini akan men-scan profil Facebook Anda sesuai kata kunci.

FaceWash memindai dan menghapus posting, foto, tautan, lokasi, video, catatan, dan apapun itu sesuai dengan kata kunci atau istilah yang telah ditentukan. Pengguna tinggal masukkan kueri dan FaceWash akan mencarinya.

Namun yang terpenting bukanlah hadirnya tool semacam FaceWash. Diri Andalah kuncinya. Berfikir sebelum berbagi. Atur privasi sedini mungkin. Biasakan budaya Facebook sehat untuk kenyamanan dan keamanan diri sendiri.

Untuk mengunjungi laman FaceWash sila ikuti tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda