Scroll to Top

Awas, Banyak Game Palsu Beredar di Google Play

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 22 Jan 2013

Plants vs Zombies

Ternyata banyak game palsu yang beredar di Google Play. Naked Security menulis jika pengunduhan dan instalasi permainan abal-abal tersebut bisa merugikan pengguna.

Tercatat beberapa game yang diyakini sengaja disusupkan ke Google Play untuk tujuan tertentu. Sebagai contoh, coba perhatihakan game-game dibawah ini yang dikembangkan oleh developer ABRARADON’.

ABRARADON
Perhatikan game dari pengembang ABRARADON

Terdapat game-game (palsu) popular seperti Plants vs Zombies dan PES 2012 (Pro Evolution Soccer). Plants vs Zombie sendiri dikembangkan oleh Electronic Arts dan berharga USD 0,99 atau tidak gratisan (unduh di sini).

Namun Plants vs Zombie ‘ABRARADON’ menawarkan versi gratis dan bisa langsung dimainkan tanpa embel-embel apapun. Akan tetapi permainannya ternyata bertipe jigsaw puzzle.

Plants vs Zombies
Plants vs Zombies palsu versi gratisan

Lantas apa yang terjadi bilamana game-game palsu tersebut diinstal pengguna? Naked Scurity menulis jika nantinya game-game ini akan melakukan tiga hal.

Pertama, game tersebut akan menampilkan pelbagai macam iklan. Ini jelas, iklan tersebut akan menguntungkan pengembang.

Kedua, game ini akan mengoleksi informasi dan data pengguna. Sebut saja alamat email dan nomor ponsel.

Dan terakhir, game ‘KW’ ini akan mengganti pengaturan browser. Yang diubah antara lain aplikasi browser (pun juga dengan default browser), penambahan bookmark, dan menampilkan ikon di home screen.

android-monetization
Proses perizinan aplikasi

Tiga hal di atas memang dirancang pembuat aplikasi atau game sebagai langkah monetisasi. Pengguna harap teliti dan cermat sebelum mengunduh dan instalasi. Cara yang paling mudah adalah dengan membaca testimoni yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda