Scroll to Top

RIM akan Jual Lisensi BlackBerry 10?

By Ditya / Published on Tuesday, 22 Jan 2013

BlackBerry 10 Seri L

Research In Motion (RIM) dikabarkan kembali menghidupkan ide untuk menjual lisensi sistem operasi BlackBerry 10. Ini berarti produsen lain dapat menggunakan sistem operasi BlackBerry 10 pada perangkat besutan mereka dengan membayar lisensi pada RIM.

Akhir tahun 2012 lalu CEO RIM, Thorsten Heins, sempat mengungkapkan wacana untuk melisensikan sistem operasi BlackBerry 10. Sayangnya, wacana ini tak ada kelanjutannya, dan baru kali ini ide ini muncul kembali ke permukaan.

Sebuah surat kabar Jerman telah mewawancarai CEO perusahaan asal Kanada ini. Hasil wawancara tersebut mengungkapkan ide CEO RIM yang akan melisensikan sistem operasi BlackBerry 10 pada produsen lain yang berminat.

“Sebelum Anda lisensi perangkat lunak, Anda harus menunjukkan bahwa platform memiliki potensi yang besar. Kami harus memenuhi janji kami den kesepakatan lisensi. Kami telah mengambil waktu untuk membangun sebuah platform yang adalah masa depan, setidaknya hingga 10 tahun ke depan,” kata Thorsten Heins, CEO RIM.

Lisensi ini memungkinkan produsen perangkat lain seperti Samsung, Sony, dan LG untuk menggunakan sistem operasi BlackBerry 10 pada perangkatnya. Layaknya sistem operasi Windows Phone besutan Microsoft yang digunakan oleh Nokia dan HTC.

CEO RIM ini juga cukup percaya diri dengan platform BlackBerry 10 yang menurutnya akan “future proof” atau tak akan ketinggalan zaman hingga setidaknya 10 tahun ke depan.

Seperti yang dilansir dari CNET (21/01/2012), perusahaan asal Kanada ini terus berjuang dengan gigih untuk mengembalikan pangsa pasarnya yang menyusut drastis, bahkan RIM sempat terancam bangkrut.

Tak hanya itu, RIM juga sempat mempertimbangkan opsi lain selain melisensikan BlackBerry 10, yakni dengan restrukturisasi perusahaan dengan memisahkan divisi handset dan jaringan pesan. RIM juga pernah mempertimbangkan untuk menjual divisi hardware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda