Scroll to Top

GPU-Z, Cek Informasi Detail & Spesifikasi Kartu Grafis Dengan Software ini

By Ditya / Published on Tuesday, 22 Jan 2013
GPU-Z
GPU-Z

Anda penasaran dengan spesifikasi chip grafis atau kartu grafis yang digunakan pada laptop atau komputer yang Anda gunakan? Gunakan saja software GPU-Z untuk mengetahui chip atau kartu grafis apa yang digunakan, lengkap dengan spesifikasi teknisnya.

GPU-Z adalah perangkat lunak untuk mengidentifikasi spesifikasi teknis sebuah chip grafis atau kartu grafis yang digunakan pada sebuah sistem secara mendetail. Perangkat lunak GPU-Z ini dikembangkan oleh TechPowerUp.

Kartu grafis atau yang sering diebut dengan VGA card atau GPU (Graphics Processing Unit) adalah sebuah komponen dalam komputer yang bertugas untuk menangani tugas pengolahan grafis seperti desain dan bermain game.

Dewasa ini, kartu grafis tak hanya digunakan untuk tugas-tugas yang terkait dengan pengolahan grafis, tapi juga untuk komputasi pararel atau pararel computing melalui standar OpenCL. Sehingga, kartu grafis dapat membantu tugas CPU untuk tugas-tugas seperti konversi video dan playback video HD.

TechPowerUP merilis sebuah perangkat lunak yang berguna untuk mengidentifikasi chip grafis yang digunakan oleh sistem, yakni GPU-Z. Software GPU-Z ini akan menampilkan spesifikasi tekni kartu grafis yang meliputi besar memori VRAM, jumlah stream prosesor, lebar kanal data, dukungan standar computing, dan kecepatan clock grafis yang digunakan.

Tak hanya itu, GPU-Z sering digunakan oleh para overclocker untuk memantau berubahan clockspeed dan suhu kartu grafis mereka, karena GPU-Z juga dilengkapi fasilitas untuk membaca sensor suhu yang dihasilkan oleh sebuah kartu grafis.

GPU-Z saat ini telah mencapai versi 0.6.7 yang membawa berbagai fitur baru serta perbaikan dukungan terhadap kartu grafis keluaran terbaru. Anda penasaran ingin mencoba perangkat lunak GPU-Z? Silahkan unduh melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda