Scroll to Top

Tips Membawa Hewan Peliharaan Saat Berlibur

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 22 Jan 2013

bawa anjing

Pemelihara binatang ada kalanya tidak tega meninggalkannya sendiri di rumah ketika melakukan perjalanan. Pilihannya adalah meninggalkannya di tempat penitipan hewan atau membawanya ikut dalam perjalanan. Biasanya jika tujuan perjalanan adalah berwisata, pemilik akan membawa serta. Di lokasi tujuan nanti, hewan ini bisa diajak menikmati suasana berlibur bersama.

Namun, mungkin tidak mudah mengurus hewan peliharaan selama liburan. Dan, hewan ini riskan hilang karena berada di tempat asing. Jika sampai hilang, mencarinya tidak mudah. Oleh karena itu, membawa hewan peliharaan dalam perjalanan juga mesti memperhatikan faktor keamanannya.

Dikutip dari Tourism News, ada tiga hal yang sebaiknya Anda perhatikan jika memutuskan mengajak hewan peliharaan untuk pergi berlibur:

  1. Berikan tanda identitas yang selalu dipakai oleh hewan Anda. Anda bisa memberikan kalung dengan bandul berupa keterangan diri pemilik dan menempatkannya di leher hewan. Misalnya pada bandul tersebut dituliskan nama pemilik, nama panggilan hewan, alamat, nomor telepon, dan sebagainya. Jika hilang, orang lain yang menemukan hewan Anda bisa segera menghubungi.
  2. Sebelum berangkat berlibur, ambil foto terbaru dari hewan Anda. Jika hilang, maka Anda bisa menunjukkan foto tersebut  agar mudah mengidentifikasi fisik hewan ketika bertanya pada orang lain. Anda juga bisa mencetak ulang foto dan menempelkannya di beberapa tempat. Siapkan media penyimpan – seperti flashdisk atau kartu memori – yang menyimpan foto terbaru hewan Anda.
  3. Jangan lupakan tali kendali  dan senter. Hewan biasanya suka mengeksplorasi tempat baru, termasuk tempat-tempat yang gelap.
  4. Catatan kesehatan hewan Anda juga sebaiknya dibawa. Sebab, jika dia sakit dan memerlukan penanganan dari dokter hewan, catatan medis membantu tim medis untuk memberikan pertolongan yang tepat bagi hewan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda