Scroll to Top

Dibalik Layar Tron Legacy 2010: Spesial Efek

By Ditya / Published on Tuesday, 22 Jan 2013

Tron

Tron: Legacy adalah film besutan Walt Disney yang dirilis tahun 2010 ini merupakan sekuel dari film Tron yang pertama kali tahun 1982. Tron: Legacy ini menawarkan berbagai spesial efek yang menakjubkan, berikut dibalik layar pembuatan efek luar biasa di film Tron: Legacy.

Pembuatan efek di film Tron: Legacy ini emang cukup rumit. Tim yang terdiri dari Bradley “GMUNK” Munkowitz, Jake Sargeant, dan David “dlew” Lewandowski ini menggunakan perangkat lunak keluaran Adobe dan Cinema 4D. Tak hanya itu, tim ini juga menghabiskan waktu setengah tahun untuk membangun perangkat lunak untuk menciptakan efek khusus di film Tron: Legacy.

Team yang tergabung dalam bendera Digital Domain ini membuat perangkat lunak khusus untuk yang dibuat dalam bahasa pemrograman C++ menggunakan OpenFrameworks dan WxWidget.

HexVirus
HexVirus

Bradley “GMUNK” Munkowitz menjelaskan tentang pembuatan peta bola dunia atau globe yang disebut dengan HexVirus yang menampilkan peta dunia dalam bentuk vector. HexVirus biasanya tampil dalam adegan pertemuan dewan eksekutif.

FireWorks

Sedangkan efek kembang api atau Fireworks dalam film Tron: Legacy ini dibuat berdasarkan ilmu fisika untuk penerapan efek loncatan partikel. Loncatan partikel-partikel utama diikuti partikel anak agar terlihat lebih nyata.

TronLines

Pada bagian portal climax, dibuat menggunakan aplikasi TronLines agar terlihat artisitik. Tak hanya itu, Bradley “GMUNK” Munkowitz juga menciptakan hologram kepala dengan teknik yang mirip dengan pembuatan efek firework.

Sedangkan saat memperbaiki Quorra, tampak terlihat lampu menyala mirip lava, ini dihasilkan dengan isosurface dari perlin-noise volume yang menggunakan fungsi dari Geometric Tools WildMagic API (Application Programming Interface).

Proses
Proses Pembuatan

Seperti yang dilansir dari Jtnimoy, pembuatan efek film Tron: Legacy bukanlah hal yang mudah, karena harus mengkombinasikan berbagai perangkat lunak dari Adobe dan Cinema 4D. Tak hanya itu, beberapa efek khusus harus dibuat dengan perangkat lunak yang dibuat oleh tim Digital Domain. Pembuatan film dengan efek yang rumit juga memerlukan kemampuan programming untuk membuat efek khusus seperti pada Tron: Legacy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda