Scroll to Top

Pasca-Bedah, Hindari Makanan Berikut Ini

By Ilham Choirul / Published on Monday, 22 Aug 2011

Masa pemulihan setelah menjalani tindakan bedah adalah masa yang juga mesti diperhatikan. Karena, pada jenis bedah tertentu, asupan makanan mesti diatur agar tidak menimbulkan komplikasi, dapat mengurangi sakit, dan tentunya mempercepat penyembuhan. Beberapa jenis makanan perlu dihindari.

Pengaturan diet makanan ini terutama berguna untuk penyembuhan bedah yang dilakukan pada perut, kantong empedu, gigi, dan penurunan berat badan. Diet khusus perlu dirancang untuk penyembuhan. Dan, dikutip dari Lifemojo, makanan yang perlu dihindari adalah:

  • Bedah gigi

Setelah bedah gigi, pasien akan kesulitan untuk mengunyah makanan tertentu. Makanan yang cair atau lembut sementara diperlukan dalam penyembuhan. Makanan yang keras tentu saja jangan dulu dikonsumsi. Jika ingin makan makanan agak keras, bisa dilembutkan lebih dahulu. Misalnya, kentang yang dilembutkan.

  • Bedah Perut

Jika tindakan bedah dilakukan pada perut, makanan yang diperlukan adalah makanan yang sebisa mungkin membuat perut dan saluran cerna beristirahat. Hindari makanan berserat tinggi, berbumbu, berminyak, mengandung soda, ataupun yang beralkohol. Hindari juga yang berpotensi menimbulkan gas, kram perut, dan diare. Pastinya, makanan harus mudah dicerna.

  • Bedah Bariatrik

Bedah Bariatrik adalah bedah untuk penurunan berat badan atau bedah bypass lambung. Untuk sementara bubur dan makanan cair diperlukan. Biasanya selama 2-3 minggu pasca-operasi harus menghindari makanan padat. Kacang-kacangan dan makanan berserat dihindari dulu untuk mencegah perut tak nyaman. Dan, saat konsumsi makanan padat, jangan langsung minum agar perut tidak terisi dengan cepat.

  • Bedah kantong empedu

Makanan berkolesterol tinggi, berlemak, gorengan, dan yang mengandung mentega, mayonaise atau minyak wajib dihindari jika habis melakukan operasi ini. Karena, Anda harus mengistirahatkan dahulu fungsi kantong empedu dalam menghancurkan lemak selama proses penyembuhan.Gejala diare atau kembung biasanya muncul setelah melakukan bedah ini. Hindari pula roti putih, kue dan beras putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda