Scroll to Top

Disaksikan Pemirsa 4 Miliar Jam Sebulan, Google: Youtube akan Lebih Banyak Iklan

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 23 Jan 2013

Youtube

Di tahun 2012 lalu, Youtube berhasil mengukir rekor 4 miliar jam sebulan, waktu yang dihabiskan pemirsa dalam menonton video. Google berujar kemungkinan Youtube akan lebih banyak iklan.

Hal ini wajar sebab Google sendiri mengalami lonjakan pendapatan yang cukup signifikan naik 36% pada kuartal keempat 2012 senilai USD 14,42 miliar. Demikian tulis CNET News Senin (22/01/12).

“Bukan sebuah prestasi yang buruk hanya dalam satu setengah dekade. Kita menghadapi peluang yang luar biasa besar sebagai perusahaan teknologi yang berfokus pada manfaat pengguna,” ujar bos Google, Larry Page.

Secara total tahun 2012 lalu Google berhasil membukukan pendapatan hingga USD 50,18 miliar. Angka ini naik dari tahun sebelumnya 2011 yang hanya mencapai USD 37,91 miliar. Saham Google pun naik 4% atau naik USD 27.

Youtube pun dinilai menjadi salah satu pundi-pundi unggulan pemasukan Google. Konten (video) Youtube menjadi kunci elemen untuk merek iklan. Dan bahkan 100 pengiklan top dunia menghabiskan 50% lebih budget-nya di Youtube pada tahun 2012 dibanding tahun sebelumnya.

Nikesh Arora, Google senior VP and chief business officer menyebut jika pendapatan iklan Youtube naik lima kali lipat sejak tahun 2008. Hal ini di-support dengan ketersediaan 400 juta perangkat mobile yang mendukung (Android).

Dengan demikian besar kemungkinan Youtube akan lebih banyak iklan jika melihat data dan fakta di atas. Meski demikian ladang pendapatan utama Google tetap dari iklan di mesin penelusuran. Hampir 97% pendapatan Google berasal dari pos tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda