Scroll to Top

Timnas Indonesia, Banyak Winger Tapi Minim Striker

By Aditya / Published on Wednesday, 23 Jan 2013

Timnas Indonesia AFF Cup 2012

Timnas Indonesia yang tengah menjalani pelatnas di Medan, Sumatera Utara, masih mengalami berbagai hambatan. Salah satunya adalah komposisi pemain yang saat ini ada di skuat Garuda. Tim asuhan pelatih Nil Maizar ini memang memiliki stok winger yang cukup banyak, namun sangat minim striker alias penyerang murni.

Akibatnya, Timnas Indonesia masih sangat lemah dalam penyelesaian akhir. Sebagai bukti, tim yang dipersiapkan untuk menghadapi laga Pra Piala Asia 2015 melawan Irak, Arab Saudi, dan Cina ini tidak mampu meraih kemenangan saat melawan tim promosi Indonesia Premier League (IPL) 2013, Pro Duta, dan hanya bermain seri 0-0.

“Hasil imbang tanpa gol (melawan Pro Duta) akibat timnas tidak memilki bomber dan lemahnya penyelesaian akhir,” aku Fabio Oliviera, asisten pelatih Timnas Indonesia, di Medan belum lama ini.

Di sisi sayap, Timnas Indonesia memang mempunyai banyak pilihan, sebut saja Andik Vermansyah, Okto Maniani, atau Hendra Bayauw. Namun, serangan yang dibangun dari sektor sayap menjadi percuma karena tidak ada penyerang yang mampu memaksimalkan setiap peluang.

”Minimnya pemain depan membuat kami sempat memaksimalkan serangan dari sayap mengandalkan duet Andik Vermansyah dan Okto Maniani. Tapi, skema tersebut tidak maksimal karena penyelesaian akhir tidak bagus,” keluh Fabio Oliviera.

Saat ini timnas hanya punya dua penyerang tengah yang masih belum berpengalaman, yaitu Agung Supriyanto dan Mario Aibekop. Sedangkan para striker senior yang dipanggil ke Timnas Indonesia belum hadir karena berbagai faktor penyebab.

Bambang Pamungkas mengonfirmasi belum bisa bergabung karena harus mengurusi permasalahan tunggakan gaji para pemain (Persija), Irfan Bachdim izin karena masalah keluarga. Sedangkan Greg Nwokolo dan Samsul Arif akan sulit bergabung karena merupakan pemain Indonesia Super League (ISL),” jelas Fabio Oliviera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda