Scroll to Top

Henrique: Pemain Terbaik dan Top Skorer Piala Dunia U-20

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 22 Aug 2011

Lengkap sudah prestasi Brazil dalam Piala Dunia U-20. Mereka tidak hanya menjuarai turnamen yang diselenggarakan di Kolombia ini, tetapi juga mencantumkan nama Henrique untuk mendapatkan golden ball (pemain terbaik) dan golden shoe (pencetak gol terbanyak).

Henrique yang masih merumput dengan Sao Paulo, klub lokal Brazil, tercatat memberi kontribusi penting untuk tim samba dengan torehan 5 gol. Pemain berusia 20 tahun ini awalnya hanya menjadi pemain cadangan ketika Brazil ditahan 1-1 oleh Mesir. Ia baru masuk pada menit 80.

Namun, dalam pertandingan kedua menghadapi Austria, Henrique sukses membuktikan kapasitasnya sebagai salah satu striker yang layak diperhitungkan setelah era Neymar. Ia mengemas satu gol dan melanjutkan 4 gol tambahan dalam pertandingan-pertandingan berikutnya. Termasuk, gol ganda saat Brazil mengatasi perlawanan ketat Meksiko di babak semifinal.

Penerima silver ball (pemain terbaik kedua) adalah  Nélson Oliveira dari Portugal sedangkan Jorge Enriquez dari Meksiko mendapatkan bronze ball (pemain terbaik ketiga).

Urusan mencetak gol, sebenarnya Henrique memiliki jumlah gol yang setara dengan Alvaro Vazquez (Spanyol) dan Alexander Lacazette (Prancis). Namun, Henrique unggul dalam jumlah assist, dengan torehan 3 assist. Sementara, Vazquez mengoleksi 2 assist dan Lacazette 1 assist.

Gelar kiper terbaik atau golden glove, tidak bisa disangkal lagi jatuh ke tangan Mika, kiper Portugal yang sangat heroik, terutama saat Portugal lolos di semifinal dalam drama adu penalti menghadapi Argentina.

Terakhir, gelar tim paling menjunjung tinggi fair play, jatuh pada Nigeria, tim yang sangat subur di penyisihan grup. Tercatat mereka mengemas 15 gol dari lima pertandingan. Nigeria mendapatkan Fair Play Award setelah hanya mengoleksi 3 kartu kuning sepanjang turnamen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda