Scroll to Top

Nvidia Siapkan GeForce Titan untuk Saingi AMD Radeon

By Ditya / Published on Wednesday, 23 Jan 2013

GeForce

Beberapa waktu lalu, AMD dikabarkan tengah mempersiapkan kartu grafis seri radeon HD 8000. Hal ini ternyata ditanggapi rivalnya dari kubu ‘hijau’, yakni Nvidia dengan mempersiapkan kartu grafis GeForce Titan GK110 untuk menyaingi jagoan dari kubu ‘merah’.

Kartu grafis adalah komponen yang terdapat pada sistem komputer yang bertugas untuk menangani pengolahan grafis dan tugas lain yang berkaitan dengan grafis, seperti bermain game, desain grafis, dan berbagai keperluan lain. karu grafis saat ini juga mampu mendukung pararel computing.

Chip GeForce terbaru yang mengusung seri GK110 dengan nama sandi Titan ini diharapkan mampu menghadirkan peningkatan kinerja kartu grafis yang sginifikan dibanding generasi sebelumnya, yakni GeForce Kepler.

GeForce Titan yang merupakan kartu grafis kelas konsumer ini kabarnya akan dibuat berdasarkan chip Nvidia Tesla K20X yang digunakan pada superkomputer yang juga bernama Titan.

Sebuah sumber dari SweClockers menyebutkan bahwa kartu grafis Nvidia GeForce Titan ini akan memiliki kinerja kurang lebih 85% dari dual-grafis tercepat tercepat saat ini, GeForce GTX690.

Nvidia dikabarkan akan membekali GeForce Titan ini dengan 15 cluster SMX yang setara dengan 2.880 steram prosesor. Ini sama dengan Tesla K20X, hanya saja pada Tesla terdapat satu cluster SMX yang dinonaktifkan. Sampai saat ini belum jelas apakah Nvidia akan mengaktofkan semua cluster tersebut.

Kartu grafis Nvidia GeForce Titan ini kemungkinan akan mengusung nama GeForce 700 series yang didalamnya terdapat 7,1 miliar transistor dan diklaim mampu menghasilkan kinerja 8 hingga 9 TFLOPS.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (22/01/2013), kartu grafis Nvidia GeForce Titan ini kabarnya akan mulai diperkenalkan pada bulan Februari 2013 mendatang sebagai penerus generasi GeForce seri 600 Kepler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda