Share
Surface Pro
Tablet Surface Pro

Tablet Surface Pro akan dirilis Microsoft pada tanggal 9 Februari 2013 mendatang. Tablet yang mengusung sistem operasi Windows 8 Pro ini m,enawarkan spesifikasi yang cukup tinggi dengan harga mulai USD $899 atau sekitar Rp 8,7 jutaan.

Sebelumnya, raksasa perangkat lunak yang berbasis di Redmond ini telah mirilis tablet Surface RT yang ditenagai oleh prosesor berbasis ARM, yakni Nvidia tegra 3 quad-core. Tablet yang konon telah terjual sebanyak 1 juta unit ini menggunakan sistem operasi Windows RT.

Tablet Surface Pro akan ditenagai oleh prosesor Intel generasi Ivy Bridge dari keluarga Core i5 ULV (Ultra-Low Voltage) dengan konsumsi daya maksimal 17W dan didukung grafis dari Intel HD Graphics 4000. Surface Pro ini juga dibekali memori RAM yang lebih besar dari Surface RT, yakni 4GB.

Surface Pro mengusung layar dengan ukuran yang sama dengan tablet Surface RT, yakni 10,6 inci. Namun, Surface Pro mengusung resolusi layar yang lebih tinggi, yakni 1920 x 1080 piksel, sehingga layar tablet ini menjadi lebih tajam dan padat.

Spek Surface Pro

Meski dimensi tablet surface Pro ini sama dengan tablet Surface RT yang meluncur lebih dulu, Surface Pro ini ternyata lebih tebal 43% dari tablet Surface RT. Hal ini cukup masuk akal, mengingat tablet Surface Pro mengusung spesifikasi yang lebih kuat dan dibekali baterai berkapasitas 42Wh atau 33% lebih besar dibanding Surface RT.

Harga yang ditawarkan oleh tablet Surface pro adalah USD $899 atau Rp 8,7 jutaan untuk kapasitas 64GB dan USD $999 atau Rp 9,7 juta untuk kapasitas penyimpanan 128GB.

Seperti yang dilansir dari Anandtech (22/01/2013), tablet Surface Pro ini daya tahan baterainya masih dibawah Surface RT. Tablet yang akan diluncurkan 9 Februari 2013 ini diklaim dilengkapi baterai yang tahan hingga 5 jam penggunaan.