Scroll to Top

PSSI Tidak Berhak Menghukum Pemain & Klub ISL?

By Aditya / Published on Wednesday, 23 Jan 2013

PSSI ISL

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin telah menjatuhkan sanksi terhadap para pemain dan klub yang berlaga di kompetisi Indonesia Super League (ISL). Namun, tindakan PSSI tersebut dianggap salah sasaran. Bahkan, PSSI kepengurusan Djohar Arifin Husin dinilai ilegal sehingga tidak berhak menghukum para pemain serta klub ISL.

Hal itu ditegaskan oleh Direktur Teknik Sriwijaya Optimis Mandiri, Hendri Zainuddin, Selasa (22/1/2013). Menurutnya, aksi main hukum yang dilakukan oleh PSSI tidak masuk akal. Pasalnya, lanjut Hendri Zainuddin, klub-klub ISL tidak mengakui kepengurusan Djohar Arifin Husin.

“Sekarang ini yang ilegal bukan klub, tetapi PSSI, karena sudah tidak diakui lagi oleh klub-klub ISL. Mereka sama sekali tidak punya hak mengeluarkan sanksi itu,” tukas Hendri Zainuddin.

Hendri Zainuddin melanjutkan, karena tidak diakui oleh sebagian besar anggotanya, maka kepengurusan PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin tentunya sudah tidak memiliki legitimasi untuk mengelola persepakbolaan Indonesia, apalagi menjatuhkan hukuman yang dinilai dilakukan secara serampangan itu.

Oleh karena itu, Sriwijaya FC menegaskan tidak akan menggubris apapun yang dilakukan oleh PSSI rezim Djohar Arifin Husin. Bahkan, Hendri Zainuddin menyatakan bahwa setiap surat atau faksimile dari PSSI selalu dibuang ke tempat sampah.

PSSI memang telah memberikan sanksi terhadap 23 pemain yang dinilai membangkang dari panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Mereka dihukum skorsing selama 6 bulan dan diwajibkan membayar denda sebesar 100 juta rupiah yang harus disetor ke rekening milik PSSI Djohar Arifin Husin.

Selain itu, PSSI juga mengumumkan penjatuhan hukuman kepada klub peserta ISL dan klub peserta Divisi Utama yang berada di bawah pengelolaan PT Liga Indonesia dengan dakwaan tidak melakukan registrasi ulang kepada PSSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda