Scroll to Top

PSSI Konflik, Apakah Terkait Dengan Arifin Panigoro & Nirwan Bakrie?

By Agus Prasetyo / Published on Thursday, 24 Jan 2013

Nirwan Bakrie - Arifin Panigoro

Konflik PSSI semakin meruncing, setelah Djohar Arifin Cs mengeluarkan sanksi bagi pemain dan klub yang tidak mengikuti instruksi untuk bergabung ke Timnas Indonesia ataupun mendaftar ulang di bawah kompetisi PSSI.

Menpora baru, Roy Suryo juga sempat memiliki wacana untuk melibatkan dua sosok yang dianggap sangat berpengaruh pada keberadaan PSSI pimpinan Djohar ataupun KPSI pimpinan La Nyalla.

Dua sosok tersebut adalah Arifin Panigoro dan Nirwan Bakrie. Banyak pihak yang mensinyalir bahwa kedua tokoh itu berdiri dibelakang PSSI versi Djohar Arifin dan KPSI versi La Nyalla.

Namun tidak semua pihak mengamini langkah yang akan dilakukan Roy Suryo. Semisal para perwakilan anggota pemilik suara di Kongres Solo 2011, yang menolak Roy Suryo untuk melibatkan dua figur di luar PSSI dalam penyelesaian konflik itu.

Anggota pemilik suara di Kongres Solo 2011 itu coba mengklarifikasi bahwa pertikaian di PSSI selama ini bukanlah pertikaian antara Arifin Panigoro dan Nirwan Bakrie, tapi masalahnya antara Djohar Arifin dan para anggota PSSI.

Bahkan salah satu perwakilan anggota Kongres Solo, Harbiansyah menegaskan bahwa Djohar sudah tidak legitimasi dan tidak memiliki anggota yang sah.

Harbiansyah menerangkan sebanyak 87 anggota dari total 101 anggota pemilik suara yang diundang pada KLB Solo, serta mayoritas anggota PSSI lainnya yang tak memiliki hak suara berbalik mengeluarkan mosi tidak percaya kepada Djohar.

Para pemilik suara ini kemudian kembali menggelar Kongres Luar Biasa di Ancol pada 2012, yang mengangkat La Nyalla sebagai ketua umum.

Mereka beranggapan yang berdaulat adalah para anggota yang sah, yaitu klub-klub dan pengprov (pengurus PSSI tingkat provinsi).

Harbiansyah juga mengingatkan bahwa Djohar Arifin hanya pengurus, bukan pemilik PSSI. Menurut Harbiansyah pemilik PSSI adalah para anggota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda