Scroll to Top

Jadi Negara Berpengguna Terbesar Ke-5, Twitter: Kami Tak akan Buka Kantor di Indonesia

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 24 Jan 2013

Twitter

Meski Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah pengguna Twitter terbesar ke-5, namun tetap tak dilirik sebagai negeri yang menguntungkan untuk investasi. Alhasil, Twitter pun enggan untuk membuka kantor di Indonesia.

Jika melihat ke belakang, tidak sedikit perusahaan internet yang menanamkan modal di tanah air. Sebut saja Multiply atau Google yang baru saja buka kantor tahun lalu. Akibat investasinya, Google bahkan akan men-Street View-kan jalan-jalan di nusantara.

Shailesh Rao, Kepada Divisi Pendapatan Internasional Twitter mengaku belum ada rencana saat ini untuk membuka cabang baru atau minimal membangun server di Indonesia. Twitter saat ini sedang fokus ke jaringan iklan dan tweet berbayar.

“Saat ini kami belum bisa mengumumkan rencana bisnis di masa datang. Untuk Indonesia, kami ingin memaksimalkan pendapatan dari produk iklan kami,” ujarnya seperti dikutip dari Merdeka.com.

Namun jika memang Twitter ingin berbisnis di Indonesia, maka mereka harus patuh dan taat dengan UU yang berlaku. Sebuat saja UU Transaksi Elektronik yang mewajibkan setiap penyedia jasa elektronik yang berbisnis di tanah air wajib membangun server di Indonesia.

“Saya tidak bisa berkomentar karena belum membacanya,” imbuhnya.

Sementara itu terkait dengan jaringan iklan Twitter, Telkomsel akan menjadi perusahaan Indonesia pertama yang beriklan di Twitter. Sayangnya pihak Telkomsel enggan membocorkan berapa dana yang dikucurkan dalam kerjasama iklan ini.

“Soal (nominal investasi) tidak dalam kapasitas saya,” terang Kepala Divisi Digital Telkomsel Kemas Fadhli.

Hingga saat ini Twitter miliki kantor cabang di Tokyo, London, Dublin, dan Brasil untuk bisnis. Sedangkan untuk pasar Timur Tengah dan Asia Tenggara masih memanfaatkan pihak ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda