Scroll to Top

Dick Costolo Bocorkan Fitur Vine, Video Hosting Twitter

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 24 Jan 2013

Twitter Logo

Di sebuah tweet-nya beberapa waktu yang lalu, CEO Twitter Dick Costolo membocorkan sedikit fitur Vine, layanan video hosting baru Twitter.

Dalam sebuah tweet bersemat video tersebut, Dick Costolo mengunggah video bagaimana membuat steak tartare dalam enam detik. Video ini mengarah ke tautan Vine di URL Vine.co.

Twitter sendiri dikabarkan telah bersiap akan membuat video hosting sendiri pada bulan Oktober 2012 lalu. Langkah ini ditempuh setelah mereka juga miliki layanan hosting gambar independen.

Selang beberapa hari kemudian, Twitter telah mengakuisisi Vine, sebuah layanan video hosting. Vine sejatinya sebuah startup video sharing yang hingga saat ini belum pernah diluncurkan secara resmi.

Berbeda dengan YouTube, Vine mengusung konsep yang mirip dengan Twitter, yaitu layanan sharing video khusus untuk video yang berdurasi sangat singkat. Di tweet Dick Costolo pun durasi video yang disematkan hanya enam detik saja.

Apakah mungkin nantinya Twitter tak hanya miliki batasan karakter (140) namun juga batasan durasi video 6 detik? Bisa saja demikian. Layanan Vine pun didukung kemampuan mengambil potongan singkat ke beberapa video yang bisa diunggah dengan cepat.

Setelah miliki hosting gambar sendiri dan hosting video sendiri, tahun lalu Twitter juga merilis foto filter sendiri. Entah apa lagi inovasi Twitter selanjutnya untuk menjadikan layanan microblogging-nya tersebut independen tanpa bantuan pihak ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda