Scroll to Top

Timnas Indonesia: Nil Maizar Tuntut Penyerangnya Bertangggungjawab!

By Aditya / Published on Thursday, 24 Jan 2013

Timnas Indonesia Taufiq Nil Maizar

Timnas Indonesia masih bermasalah dengan sektor depan yang seringkali tidak mampu memaksimalkan peluang. Pelatih Nil Maizar pun berupaya memberikan porsi latihan ekstra kepada para penyerangnya dan menuntut mereka untuk bertanggungjawab jika kehilangan bola demi membuka peluang untuk mencetak gol.

Menurut mantan pelatih Semen Padang ini, strategi penyerangan sebaik apapun akan menjadi sia-sia apabila tidak mampu dituntaskan menjadi gol. Seorang striker, lanjutnya, harus memiliki naluri mencetak gol setiap ada kesempatan. Ketegasan dan ketepatan dalam mengambil keputusan di depan gawang mutlak diperlukan supaya peluang terciptanya gol pun menjadi lebih besar.

“Kami mencoba memaksimalkan pola penyerangan dengan mengandalkan sentuhan akhir. Para pemain saat berada di kotak penalti harus mengambil keputusan, karena kalau mereka tidak mengambil keputusan, maka penyerangan akan sia-sia,” tandas Nil Maizar di Medan, Rabu (23/1/2013).

Nil Maizar juga meminta kepada para pemain depannya untuk tidak diam saja manakala kehilangan bola. Tipikal penyerang modern adalah tetap bekerja keras mencari bola dan tidak hanya menunggu suplai dari pemain lain. Ketika bola lepas, seorang pemain depan harus langsung bergerak untuk mempertanggungjawabkan kehilangannya itu.

“Latihan dilakukan dengan menambah pemain belakang sebagai penghalang, supaya ketika kehilangan bola dia bisa melakukan recovery dan bertanggungjawab dengan bola,” kata Nil Maizar.

Lini depan Timnas Indonesia memang masih belum terlihat tajinya. Hal itu terbukti ketika Andik Vermansyah dan kawan-kawan ditahan imbang tanpa gol oleh tim promosi Indonesia Premier League (IPL), Pro Duta, dalam laga ujicoba yang dilangsungkan belum lama ini.

Pelatih Nil Maizar mengharapkan kejadian serupa tidak terulang lagi saat Timnas Indonesia melakukan latih tanding melawan juara bertahan IPL, Semen Padang. Sekali lagi, para pemain depan skuat Garuda harus bekerjakeras untuk membuka peluang kemenangan bagi tim.

 “Semoga apa yang sudah diterapkan kepada para pemain baik di dalam bertahan ataupun menyerang dapat dijalankan dengan baik,” harap Nil Maizar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda