Scroll to Top

Makanan Panas dari Piring Melamin, Memicu Timbulnya Batu Ginjal

By C Novita / Published on Thursday, 24 Jan 2013

melamin memicu batu ginjal

Melamin merupakan perabot dapur yang kerap digunakan ibu-ibu, sebab bahannya tahan pecah dan bentuknya lucu-lucu. Namun sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa makanan panas yang diletakkan pada wadah dari melamin dapat memicu timbulnya penyakit batu ginjal.

Penelitian tersebut membandingkan 2 grup relawan yang masing-masing makan mie panas menggunakan mangkuk berbahan melamin dan keramik. Contoh urin orang-orang dari kedua grup itu dikumpulkan, sebelum dan 12 jam sesudah mereka mengkonsumsi makanan tersebut.

3 minggu kemudian, para relawan tersebut kembali diuji coba dengan konsumsi makanan panas dari 2 bahan berbeda tersebut, lalu urin mereka kembali dikumpulkan untuk diteliti.

Kadar melamin yang ada pada urin kedua grup tersebut menunjukkan level yang berbeda. Mereka yang makan dengan mangkuk melamin levelnya 8.35 microgram. Sedangkan mereka yang makan dengan mangkuk keramik hanya 1.3 microgram.

Penelitian tersebut diadakan oleh Kaohsiung Medical University di Taiwan. Pemimpinnya, Chia-Fang Wu mengatakan seperti dilansir oleh Dailymail:

“Perabot melamin akan melepas partikel melaminnya jika digunakan untuk makanan dengan temperatur yang tinggi.”

Partikel tersebut dapat mengkontaminasi makanan, dan pada tingkat serius dapat menyebabkan batu ginjal.

Walau penelitian tersebut tak menegaskan bahwa semua merk perabot melamin punya bahaya yang sama, namun ada baiknya pengguna memilih jalan aman. Misalnya dengan menggunakan perangkat makan yang terbuat dari keramik atau beling jika bahan makanan masih panas.

Mencegah tentu lebih baik dari mengobati bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda