Scroll to Top

Miroslav Janu Wafat, Persebaya Belum Pikirkan Penggantinya

By Aditya / Published on Friday, 25 Jan 2013

Miroslav Janu

Sepakbola Indonesia kembali berduka. Pelatih Persebaya Surabaya yang berlaga di Divisi Utama PT Liga Indonesia (Persebaya DU), Miroslav Janu, meninggal dunia secara mendadak karena serangan jantung. Lantaran masih dalam suasana duka, manajemen tim Bajul Ijo pun belum memikirkan siapa pengganti pelatih asal Republik Ceko itu.

“Kami belum berpikir ke arah sana (mencari pelatih pengganti), karena memprioritaskan urusan pemulangan jenazah (Miroslav) Janu,” tandas Direktur Utama PT Mitra Muda Inti Berlian yangn menaungi Persebaya DU, Diar Kusuma Putra, kemarin.

Miroslav Janu melatih Persebaya DU sejak Oktober 2012 silam. Wafatnya mantan pembesut Arema Indonesia ini pun sontak membuat banyak pihak terkejut. Pasalnya, sang pelatih baru saja pulang dari pemusatan latihan Persebaya DU di Bali dan dalam kondisi yang normal.

Salah satu yang kaget mendengar kabar kematian Miroslav Janu adalah Uston Nawawi. Pemain senior yang juga legenda hidup Timnas Indonesia ini mengaku sangat terkejut dengan berita itu. Pasalnya, setelah pulang dari Bali, Miroslav Janu sempat meminta para pemain latihan lagi.

“Sepulang dari Bali, pemain diberi libur satu hari untuk istirahat dan besok (Jumat) mulai latihan lagi,” tutur Uston Nawawi.

Miroslav Janu dilahirkan di Praha, Republik Ceko, pada 8 November 1959. Salah satu pemain legendaris Slavia Praha ini pertamakali menangani tim Indonesia saat melatih Persigo Gorontalo pada tahun 2003. Kemudian, hingga tahun 2005 ia membesut PSM Makassar.

Sempat pulang ke negaranya untuk menjadi asisten pelatih Slavia Praha, Miroslav Janu kembali ke Indonesia dan menerima pinangan Arema Indonesia. Tahun 2011, ia hijrah ke Persela Lamongan selama semusim. Sejak Oktober 2012, Miroslav Janu mengarsiteki Persebaya DU hingga meninggal dunia pada hari Kamis, 24 Januari 2013, yang baru lalu dalam usia 53 tahun. Selamat jalan, coach Miro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda