Scroll to Top

Malaga vs Barcelona 2-4: Lionel Messi Mengantar El Clasico

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 25 Jan 2013

Malaga vs Barcelona 1-1

Barcelona akhirnya memastikan lolos ke semifinal Copa del Rey 2013 dan bersua dengan Real Madrid dalam El Clasico. Hal ini terjadi setelah mereka menciptakan hasil pertandingan Malaga vs Barcelona skor 2-4. Pertandingan berjalan menegangkan dengan kedua tim saling berbalas gol. Sebelum Andres Iniesta dan Lionel Messi membunuh kesempatan Malaga. Hasil Copa del Rey 2013 ini membuat Barca unggul agregat 6-4 dari Malaga.

Ketegangan sudah dimulai pada awal-awal babak pertama. Barcelona dan Malaga bergantian mencetak gol hanya dalam dua menit. Tim tamu yang lebih dahulu unggul. Kerjasama para pemain Barca berakhir dengan umpan terobosan kepada Dani Alves di sisi kiri kotak penalti Malaga. Dengan jitu, dikirimkannya umpan ‘terlalu matang’ yang tinggal ditanduk Pedro Rodriguez untuk bersarang ke gawang Idris Kameni di menit 10.

Seketika itu pula tuan rumah membalas. Hanya berjarak singkat, umpan Seba Fernandez diterima oleh Joaquin Sanchez. Meski ditempel ketat oleh Gerard Pique, mantan pemain Valencia masih bisa melepaskan tembakan ke sudut gawang Jose Manuel Pinto.

Dalam pertarungan ketat yang mesti dimenangkan mereka, Barcelona berusaha keluar dari tekanan Malaga. Tim Catalan beberapa kali mengancam gawang Kameni. Seperti dua kesempatan Lionel Messi di menit 25 dan 26. Tapi tidak ada yang lebih mendebarkan jantung daripada aksi Andres Iniesta di menit 37. Lewat umpan satu-dua dengan Messi, Don Andres melepaskan tembakan yang menaklukkan kiper lawan, tapi tidak mistar gawang.

Lepas dari peluang Barca, kredit tersendiri layak diberikan kepada Malaga yang tampil penuh tenaga dan berani melakukan press kemana pun pemain Barca bergerak; membuat lini tengah tim Jordi Roura tak bisa beraksi terlalu banyak di La Rosaleda, Kebun Mawar yang memangsa banyak tim musim ini.

Babak kedua berjalan empat menit, Barca kembali unggul. Kali ini, melalui Gerard Pique. Umpan cantik Andres Iniesta menemui jalan untuk pria yang baru saja menjadi ayah ini. Tak membuang kesempatan, Pique melesakkan gol keempat timnya dalam dua leg Copa del Rey melawan Malaga. Sebuah hal penting kala Lionel Messi lebih banyak beroperasi di tengah dan dibendung oleh tuan rumah.

Setelah perjuangan keras, Malaga berhasil menyamakan kedudukan di menit 68. Lewat sebuah serangan, Cesc Fabregas tak sengaja terinjak pemain Malaga di kotak penalti. Tak melihat hal ini, tuan rumah melakukan serangan balik cepat yang berakhir dengan tembakan Roque Santa Cruz ke sisi kanan gawang Jose Pinto. Skor imbang 2-2, dan Javier Mascherano mendapatkan kartu kuning dari wasit Mateu Lahoz atas protes berlebihannya.

Barcelona akhirnya mencetak gol ketiga mereka di menit 76. Kerjasama Andres Iniesta dan Cesc Fabregas berakhir pada umpan terobosan akurat Cesc pada Don Andres yang mengirimkan bola datar ke gawang Kameni. Gol kunci yang membuat Malaga berada dalam mimpi buruk.

Dan empat menit kemudian, Lionel Messi melanjutkan catatannya selalu mencetak satu gol dalam setiap pertandingan tahun ini. Memanfaatkan umpan silang Dani Alves, ditanduknya bola ke gawang Kameni. Malaga habis. Mencetak tiga gol dalam sisa menit adalah kemustahilan.

Skor akhir 2-4 untuk kemenangan Barcelona, dan El Clasico menanti mereka di babak berikutnya.

Malaga (4-4-2): Kameni; Gamez, Demichelis, Weligton, Eliseu; Seba, Camacho, Iturra, Duda (Portilo ’63); Joaquin, Santa Cruz

Barcelona (4-3-3): Pinto; Alves, Pique, Mascherano, Alba (Adriano ’90); Xavi, Busquets, Cesc; Pedro (Alexis Sanchez ’86), Messi (Thiago ’81), Iniesta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda