Scroll to Top

Lionel Messi Memang Pemain Terbaik Dunia, Kata Sepp Blatter

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 25 Jan 2013

Lionel Messi Memang Pemain Terbaik Dunia, Kata Sepp Blatter

Lionel Messi saat ini memang pemain terbaik dunia. Demikian yang dicetuskan oleh Presiden FIFA, Sepp Blatter. Pemimpin badan sepakbola tertinggi dunia ini juga menyatakan, bangga karena para voter dalam Ballon d’Or 2012 kemarin memilih orang yang tepat. Blatter juga memberikan ide, untuk memberikan penghargaan kepada dua kandidat yang tak menang dalam pemilihan pemain terbaik dunia setiap tahunnya.

Gelar Ballon d’Or 2012 jatuh ke tangan Lionel Messi pada awal Januari lalu. King Leo mendapatkan suara terbanyak, mengalahkan sang runner-up Cristiano Ronaldo (Real Madrid) dan rekan satu tim, Andres Iniesta (Barcelona). Menanggapi kemenangan ini —gelar keempat Messi berturut-turut—, presiden FIFA, Sepp Blatter menyatakan kesetujuannya.

Dalam situs resmi FIFA, ia menyatakan, “Lionel Messi saat ini adalah pemain terbaik dunia. Maka, kami sangat bangga ketika melihat para voter (dalam pemilihan pemain terbaik dunia) menghasilkan keputusan yang jelas.”

Blatter sendiri memiliki gagasan lain seputar penghargaan Ballon d’Or. Saat ini, cuma pemenang utama yang mendapatkan ‘kenang-kenangan’ atas keberhasilannya menjadi yang terbaik di dunia pada tahun tersebut. Maka, demi menghargai dua kandidat lain, Blatter menyebutkan, “Karena kami mengundang tiga kandidat, mungkin kami harus memberikan tiga medali untuk membuat dua di antara mereka (yang tak juara) tak pulang dengan tangan kosong. Ini adalah sesuatu yang harus dipikirkan untuk masa depan.”

Selain membahas Lionel Messi dan Ballon d’Or, Blatter juga diajak mengobrol seputar rasisme yang masih mengakar di dunia sepakbola. Blatter memberikan solusi unik bagi tim-tim yang gagal menertibkan suporternya berbicara rasis.

“Tak cukup hanya memberikan hukuman. Bermain tanpa penonton adalah salah satu kemungkinan sanksi saja. Tapi, yang paling baik adalah, pengurangan angka (bagi tim yang suporternya rasis), karena pada ujungnya, klub bertanggung jawab atas perilaku suporter mereka.”

Sepp Blatter juga mengungkapkan perhatiannya seputar skandal pengaturan skor yang disebutnya sebagai ‘Iblis dalam dunia sepakbola’. Menurut Blatter, jika masyarakat tahu bahwa sebuah laga dapat diatur, maka mereka akan kehilangan kepercayaan seputar hasil di dunia olaharaga. FIFA menanggapi serius seputar pengaturan skor ini, dan bekerja sama dengan otoritas politik serta Interpol untuk mengungkap tangan-tangan setan yang bergentayangan merusak sepakbola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda