Scroll to Top

17 El Clasico di 3 Tahun Era Jose Mourinho

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 25 Jan 2013

17 El Clasico di 3 Tahun Era Jose Mourinho

Jose Mourinho baru menangani Real Madrid sejak musim 2010-2011. Namun, hanya dalam waktu tiga tahun, ia sudah harus berhadapan dengan (minimal) 17 laga El Clasico. Ya, sejak kehadiran The Special One ke Santiago Bernabeu, duel Barcelona vs Real Madrid bagaikan cendawan di musim penghujan. Musim 2012-2013 ini saja, kita masih akan menonton tiga jilid El Clasico tambahan pasca kemenangan Barcelona 4-2 atas Malaga.

El Clasico lagi, dan El Clasico lagi. Rasanya masih lekat dalam ingatan ketika Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bergantian membobol gawang Real Madrid dan Barcelona di Camp Nou di Liga Spanyol. Dan kini, kita sudah bertemu dengan El Clasico lain. Semifinal Copa del Rey 2013 menjadi ajang pertumpahan darah dua rival abadi ini.

Cukup unik, bagaimana duel Real Madrid vs Barcelona tertumpah sejak Jose Mourinho menangani Los Blancos pada musim panas 2010. Ya, sejak saat itu hingga detik ini, sudah ada 14 El Clasico digelar. 5 di antaranya terjadi di La Liga, 4 di Piala Super Spanyol, 3 di Copa del Rey, dan 2 di Liga Champions.

Perjalanan pertama Jose Mourinho di El Clasico tentu tak bisa dilupakan. Kala itu, Barca menggulung Los Merengues dengan skor 5-0 pada November 2010. The Special One pun menjadi bulan-bulanan. Tapi, tak butuh waktu lama bagi Mou untuk membalikkan keadaan. Pada final Copa del Rey di musim yang sama, giliran Barcelona yang tumbang lewat gol tunggal Cristiano Ronaldo.

Real Madrid sempat mengalami krisis ketika tak pernah menang dalam 6 El Clasico beruntun. Namun, lagi-lagi Jose Mourinho membuktikan kehebatannya. Di Camp Nou pada April 2012 lalu, Real Madrid menghentak Barcelona dengan skor 1-2 sekaligus mengamankan gelar juara Liga Spanyol musim tersebut.

Total, di era Jose Mourinho, Real Madrid sudah bertemu 14 kali dengan Barcelona. Memang, dari head-to-head, Los Blancos masih kalah: mereka menang 3 kali, 5 kali imbang, dan tumbang 6 kali. Tapi, tiga kemenangan yang didapatkan Cristiano Ronaldo dkk. senantiasa merupakan kemenangan penting.

Nah, dengan pertemuan Barca-Madrid di Copa del Rey kali ini, apakah sejarah musim lalu akan tertukar? Kala itu, Barca juara Liga Spanyol, sedangkan Los Blancos mendapatkan Piala Raja. Ataukah, kali ini Barcelona yang akan menyapu bersih dua gelar di Spanyol? Hanya waktu yang bisa membuktikan.

Rekor Head-to-head Barcelona vs Real Madrid di Era Jose Mourinho

  1. Barcelona vs Real Madrid 5-0
  2. Real Madrid vs Barcelona 1-1
  3. Real Madrid vs Barcelona 1-0
  4. Real Madrid vs Barcelona 0-2
  5. Barcelona vs Real Madrid 1-1
  6. Real Madrid vs Barcelona 2-2
  7. Barcelona vs Real Madrid 3-2
  8. Real Madrid vs Barcelona 1-3
  9. Real Madrid vs Barcelona 1-2
  10. Barcelona vs Real Madrid 2-2
  11. Barcelona vs Real Madrid 1-2
  12. Barcelona vs Real Madrid 3-2
  13. Real Madrid vs Barcelona 2-1
  14. Barcelona vs Real Madrid 2-2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda