Scroll to Top

PSSI Akan Lapor AFC Terkait Sanksi Pemain & Klub

By Agus Prasetyo / Published on Friday, 25 Jan 2013

AFC PSSI

PSSI rupanya telah membuat agenda untuk segera melaporkan kepada AFC, terkait sanksi yang dijatuhkan kepada beberapa pemain dan klub. Jika tidak mengalami penundaan, laporan ini akan diserahkan akhir Januari 2013.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, PSSI telah menjatuhkan sanksi kepada beberapa pemain dan klub yang tidak melaksanakan instruksi.

Dijatuhkannya sanksi karena para pemain tersebut tidak memberikan keterangan jelas terkait ketidakhadirannya di pelatnas Timnas Indonesia di Medan.

Sementara bagi klub yang dijatuhkan sanksi, dikarenakan tidak mau mengikuti instruksi untuk mendaftar ulang pada kompetisi dibawah naungan PSSI.

Ketika dimintai konfirmasinya, Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin tidak membantah hal tersebut.

Djohar juga menjelaskan bahwa pihaknya menjatuhkan sanksi kepada pemain dan klub demi menegakkan peraturan.

“AFC meminta kami (PSSI) untuk bisa merangkul semua golongan. Namun mereka berpesan kalau ada yang tidak bisa dirangkul, ya gunakan aturan. Kami ingin menyelamatkan sepakbola Indonesia dari sanksi” ungkap Djohar, seperti yang dilansir Kompas.

“Karena itu kami bersikap tegas kepada pemain dan klub, dengan memberikan mereka sanksi karena tidak mengindahkan aturan yang ada. Semua kebijakan ini akan kami buatkan laporan dan mengirimkannya kepada AFC pada akhir bulan Januari” tambahnya.

Dilain pihak Deputi Sekretaris Jenderal PSSI, Saleh Ismail Mukadar mengatakan sanksi yang diberikan kepada 42 tim itu berupa pemberhentian dari keanggotaan PSSI sampai kongres berikutnya dilaksanakan.

Bagi banyak pengamat, sanksi terberat adalah dijatuhkannya larangan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan sepak bola selama enam bulan serta denda Rp 100 juta kepada 22 pemain.

Menurut PSSI, para pemain itu dihukum berdasarkan Kode Disiplin PSSI Pasal 78 Ayat 1. Para pemain masuk kategori bertingkah laku buruk tidak mengindahkan tim nasional.

Namun para pemain memiliki kesempatan mengajukan banding dalam 15 hari, sejak hukuman ditetapkan Senin (21/1/2013).

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda