Scroll to Top

Penyimpanan Daging Idealnya Hanya 4 Hari

By C Novita / Published on Friday, 25 Jan 2013

menyimpan daging di frezer

Daging sapi adalah salah satu sumber protein hewani yang banyak digemari, sebab rasanya yang gurih dan sedap. Jika Anda punya kebiasaan berbelanja dalam jumlah banyak, lalu menyimpan daging tersebut di frezer, maka sebaiknya tidak terlalu lama.

Apalagi jika cara menyimpan tak benar, rasa dan kualitas daging tak akan maksimal. Simak tips menyimpan daging secara tepat berikut ini, agar kesegaran dan rasanya tetap terjaga:

  • 1. Beli yang segar.

Selalu membeli daging segar di pasar, dapat membuat lama penyimpanan akan maksimal. Rasa dan nilai gizinya juga tak terlalu banyak berubah, dibanding dengan daging yang telah di es. Kenali dari baunya yang khas, juga warnanya yang merah segar.

  • 2. Menyimpan dalam keadaan matang.

Sebenarnya menyimpan daging dalam keadaan matang di lemari es, akan lebih menjaga cita rasa ketimbang menyimpan dalam keadaan mentah. Olah daging menjadi masakan yang Anda sukai, lalu masukan dalam wadah bersih dan tutup rapat sebelum dimasukkan dalam frezer.

  • 3. Tak lebih dari 4 hari

Jika daging mentah yang Anda simpan di frezer, sebaiknya tak lebih dari 4 hari saja. Daging rebus, cukup 2 hari disimpan. Sedangkan unggas seperti ayam, 3 hari penyimpanan dalam frezer.

  • 4. Bungkus.

Masukkan daging segar dalam kantong plastik bening, lalu usahakan tidak ada udara dalam platik tersebut. Ikat erat dan masukkan dalam frezer.

  • 5. Bersihkan frezer.

Frezer atau lemari es harus rutin dibersihkan agar bakteri yang ada dalam makanan mentah yang disimpan di sana dapat hilang. Ini membuat bahan makanan yang disimpan di lemari es menjadi awet dan tetap sedap aromanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda