Scroll to Top

Newcastle United Yang Semakin Beraroma Prancis

By Wan Faizal / Published on Friday, 25 Jan 2013

Haidara-Gouffran-Mapou

Apa yang dilakukan sebuah tim ketika prestasinya merosot? Melakukan perombakan dengan mendatangkan sejumlah pemain anyar adalah salah satunya. Dan hal itu jualah yang kini dilakukan oleh Newcastle United. Menariknya, empat pemain baru yang mereka boyong Januari ini semuanya berasal dari Prancis!

Diawali oleh Mathieu Debuchy, berturut-turut Newcastle memboyong Mapou Yanga-Mbiwa, Yoan Gouffran, dan terakhir adalah Massadio Haidara. Menariknya, tiga dari keempatnya adalah seorang pemain belakang, menegaskan betapa Alan Pardew cukup risau dengan performa pertahannya musim ini.

Debuchy direkrut Newcastle pada 4 Januari 2013 dengan banderol 5,5 juta pounds. Eks pemain Lille itu telah menandatangani kontrak selama 5,5 musim yang akan menahannya hingga 2018. Debutnya di Premier League sudah terjadi saat Newcastle bermain imbang 0-0 melawan Norwich City pada 12 Januari lalu.

Mathieu Debuchy
Mathieu Debuchy

Kedua adalah Mapou Yanga-Mbiwa. Disebut-sebut sebagai salah satu kunci sukses Montpellier saat meraih gelar juara Ligue 1 musim 2011-2012 lalu bersama Olivier Giroud yang telah lebih dulu bergabung dengan Arsenal. Sama dengan Debuchy, Yanga-Mbiwa dikontrak selama 5,5 musim dengan banderol 6,7 juta pounds.

Yoan Gouffran menjadi pemain berikutnya yang dibawa ke St. James Park. Ia adalah satu-satunya pemain yang bukan berposisi bek dari keempat pemain baru tersebut. Hanya menyisakan kontrak enam bulan di Girondins de Bordeaux membuat Gouffran hanya ditebus Newcastle dengan harga 1,2 juta pounds.

Terakhir adalah Massadio Haidara. Sebelumnya, bek kiri berusia 20 tahun itu bermain bagi AS Nancy. Kehadirannya akan membuat Davide Santon tak bisa bersantai ria lagi dalam menempati pos bek kiri The Magpies.

Janji-janji pun telah diumbar oleh keempatnya. Seperti yang dikatakan Gouffran bahwa ia bisa menjadi mesin gol baru bagi Newcastle setelah kepergian Demba Ba ke Chelsea.

Yoan Gouffran
Yoan Gouffran

“Bisakah saya mencetak gol sebanyak yang dilakukan Demba Ba? Ya, tentu saja. Saya adalah seorang striker dan sudah membuktikan kemampuan di Prancis.”

“Akan sangat berbeda memang karena ini adalah Premier League. Saya harus bisa memastikan saya turun ke lapangan dan bisa mencetak gol. Aset terbesar saya adalah kecepatan. Saya pemain yang cepat dan bisa mencetak banyak gol,” ujarnya.

Bergabungnya empat pemain Prancis itu membuat Newcastle kini total punya sembilan pemain dari sana. Lima pemain sebelumnya adalah Yohan Cabaye, Hatem Ben Arfa, Romain Amalfitano, Sylvain Marveaux, dan Gabriel Obertan.

Well, bisakah Newcastle menyandarkan harapan untuk bangkit pada mereka?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda