Scroll to Top

AMD APU Richland, Generasi Penerus APU Trinity

By Ditya / Published on Friday, 25 Jan 2013

AMD APU baru

Advanced Micro Device atau AMD telah sukses meluncurkan jajaran APU (Accelerated Processing Unit) generasi Trinity. Kini produsen prosesor x86 terbesar kedua ini telah mempersiapkan generasi penerus APU Trinity, yakni AMD APU Richland.

Jika pada APU generasi Trinity, AMD memadukan prosesor dengan arsitektur Piledriver dengan grafis AMD Radeon seri 7000, maka pada APU generasi Richland ini AMD memadukan prosesor dengan arsitektur Enhanced Piledriver atau perbaikan dari arsitektur Piledriver yang dipadukan dengan grafis AMD Radeon seri 8000.

APU Richland ini kabarnya akan hadir dalam enam varian prosesor dengan konsumsi daya yang berkisar antara 65W hingga 100W, sama seperti APU generasi Trinity yang meluncur lebih dulu.

Kabar baik bagi Anda yang menggunakan APU Trinity, karena APU Richland menggunakan soket yang sama, yakni FM2. Jadi pengguna APU Trinity tak perlu upgrade motherboard untuk mencicipi performa APU Richland.

AMD APU Richland

Varian tertinggi dari APU Richland ini adalah AMD A10-6800K yang mengusung prosesor quad-core yang dipadukan dengan grafis AMD Radeon HD 8670D disusul quad-core A10-6700K dengan spesifikasi yang sama, dengan kecepatan prosesor yang lebih rendah.

AMD juga menghadirkan seri A8-6600K quad-core yang dipadukan dengan grafis AMD Radeon HD 8570D disusul A8-6500 yang mengusung spesifikasi sama dengan TDP yang lebih rendah, yakni 65W.

Seri A6-6400K dan A4-6300 dual-core akan mengakomodasi pasar kelas bawah yang dipadukan dengan grafis AMD Radeon HD 8470D dan 8370D dengan konsumsi daya hanya 65W.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (24/01/2013), APU Richland ini akan ditandemkan dengan chipset AMD A85X dengan soket FM2 yang dilengkapi dengan dukungan memori DDR3, USB 3,0, dan enam port SATA. Sayangnya, tak ada informasi mengenai rilis dan harga dari APU Richland besutan AMD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda