Scroll to Top

Lenovo akan Akusisi RIM BlackBerry?

By Ditya / Published on Friday, 25 Jan 2013
Lenovo IdeaPhone K900 back
Lenovo IdeaPhone K900

Raksasa komputer dan smartphone asal China, Lenovo, dikabarkan tertarik untuk mengakuisisi Research In Motion atau RIM yang merupakan pembesut smartphone BlackBerry dan tablet PlayBook untuk meningkatkan eksistensi Lenovo di pasar smartphone.

Lenovo saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan penetrasi ke pasar smartphone melalui berbagai produk smartphone berkualitas dengan harga yang masuk akal, Sebut saja Lenovo S880, A60+, S560, P700i, K860i, dan yang baru saja memasuki pasar Indonesia adalah Lenovo S720i.

Hal ini sejalan dengan wacana mengenai penjualan divisi hardware atau handset RIM yang akan dijual jika nanti BlackBerry 10 mengalami kegagalan. Bisa dibilang platform BlackBerry 10 adalah nafas terakhir RIM di pasar smartphone.

Selain penjualan divisi hardware atau handset, perusahaan asal Kanada ini juga menghidupkan kembali wacana untuk menjual lisensi sistem operasi BlackBerry 10, sehingga semua produsen dapat menggunakan sistem operasi terbaru besutan RIM tersebut.

Menurut laporan Bloomberg, Lenovo sangat potensial untuk mengakuisisi RIM. Raksasa komputer asal China ini telah menduduki posisi kedua setelah HP sebagai produsen PC terbesar di dunia.

“Kami akan tidak ragu-ragu jika kesempatan yang datang cukup tepat dan dapat membawa manfaat bagi kita dan pemegang saham,” kata Wong Wai Ming, direktur keuangan Lenovo.

Wong Wai Ming juga menambahkan bahwa perusahaannya saat ini terus memantau target akuisisi yang dinilai strategis untuk memperkuat eksistensi mereka di pasar mobile. Hal inilah yang membuat analisa bahwa Lenovo tertarik mengakusisi RIM.

Seperti yang dilansir dari CNET (24/01/2013), Pemerintah Kanada mengisyaratkan dalam beberapa hari terakhir bahwa mereka lebih memilih RIM untuk tetap menjadi perusahaan Kanada. Tampaknya jika Lenovo tertarik mengakuisisi RIM, sepertinya jalan yang harus dilalui tak mulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda