Scroll to Top

SK Pang Electronics Buat Workstation Portabel Berbasis Komputer Mini Raspberry Pi

By Ditya / Published on Friday, 25 Jan 2013

Proyek kreatif dan unik berbasis komputer mini Raspberry Pi kembali hadir. Kali ini SK Pang Electronics membuat sebuah workstation portabel yang ditenagai oleh sebuah komputer mini Raspberry Pi yang dilengkapi dengan LCD, keyboard, dan peralatan pendukung lainnya.

Komputer mini Raspberry Pi yang dijual seharga USD $35 atau sekitar Rp 350 ribu ini menjadi primadona bagi pecinta PC DIY (Do it Yourself). Hal ini terbukti dengan munculnya berbagai macam proyek kreatif yang menggunakan basis komputer mini Raspberry Pi.

Raspberry Pi sendiri mengusung spesifikasi yang cukup lumayan dengan ditenagai prosesor ARM11 dengan kecepatan 700MHz single-core dan dilengkapi berbagai fitur standar seperti slot SD card, port HDMI, port USB dan port Ethernet.

SK Pang Electronics yang merupakan retailer komponen elektronik yang turut membuat sebuah proyek kreatif berbasis Raspberry Pi, yakni sebuah workstation portabel.

Workstation portabel berbasis komputer mini Raspberry Pi ini dilengkapi dengan keyboard mini nirkabel, USB power pack, dan sebuah layar LCD yang berukuran kecil. Komponen itu kemudian dipasang ke sebuah papan transparan yang dipotong menggunakan laser dan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membawa papan dan komponen workstation mini portabel.

Menurut SK Pang Electronics, bagian tersulit dari proyek ini adalah menemukan cara untuk mengaktifkan layar LCD dan komputer mini Raspberry Pi degan daya yang berasal dari satu port USB saja dari power pack.

Menariknya, solusi untuk mendapatkan kedua perangkat bekerja dengan daya dari port USB tunggal diperlukan sedikit rewiring pada layar untuk memotong regulator daya – hanya karena LCD diperlukan 12 V dan port USB yang tersedia hanya 5 V.

Seperti yang dilansir dari TG Daily (24/01/2013), workstation mini portabel besutan SK Pang Electronics ini bisa menjadi inspirasi pengguna Raspberry Pi untuk menciptakan proyek kreatif lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda