Scroll to Top

Makan Apel Setiap Hari Menyebabkan Tenang, Bahagia dan Bertenaga

By C Novita / Published on Friday, 25 Jan 2013

makan apel

Sebuah pepatah lama mengatakan bahwa “sebutir apel setiap hari akan menjauhkan Anda dari dokter”. Ternyata manfaat apel yang dikonsumsi setiap hari tak hanya itu. Sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa hal itu juga dapat meningkatkan kondisi mental Anda.

Sebuah tim dari departemen psikologi Universitas Otago di Selandia Baru meminta 281 orang untuk menjadi relawan dalam penelitian mereka. Para relawan diminta untuk mengisi diary catatan makanan mereka selama 21 hari.

Pada akhir masa penelitian, relawan yang tercatat mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur, termasuk apel, melaporkan perbedaan mood mereka.

Mereka merasa lebih tenang, bahagia, dan bertenaga. Sedangkan relawan yang mengkonsumsi junk food melaporkan tak adanya perubahan suasana hati mereka.

Dilansir Dailymail, Dr. Tamlin Conner sang kepala penelitian mengatakan:

“Pada hari-hari ketika orang-orang makan lebih banyak buah dan sayuran, mereka melaporkan merasa lebih tenang, lebih bahagia, dan lebih energik daripada biasanya.”

Setelah menganalisis lebih lanjut, penelitian tersebut juga menemukan porsi ideal untuk konsumsi buah dan sayur adalah 7-8 porsi per hari atau sekitar 7-8 genggam.

Dengan porsi demikianlah efek tenang, bahagia dan bertenaga akan terlihat maksimal. Mood positif itu akan terasa hari berikutnya usai mengkonsumsi buah dan sayur tersebut.

Dr. Conner menambahkan, penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang erat antara konsumsi makanan sehat dengan mood yang baik. Walau ia juga mengakui bahwa untuk menyimpulkan lebih lanjut dibutuhkan penelitian yang lebih mendalam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda