Scroll to Top

Beda Otak, Pria dan Wanita Beda Kemampuan

By Ilham Choirul / Published on Monday, 22 Aug 2011

Ternyata otak pria dan wanita berbeda. Perbedaan itu dilihat dari ukurannya, hingga kemampuan yang dapat muncul dari perbedaan otak itu. Otak pria cenderung lebih berkembang dan memiliki spasial kompleks dibanding wanita. Jangan heran, jika efeknya para pria punya kemampuan tertentu yang unik. Misalnya, perancangan, pengukuran, dan manipulasi benda fisik.

Perbedaan tersebut dikupas dalam buku What Could He Be Thinking? How a Man’s Mind Really Works karya Michael Gurian. Dari tulisannya, disebutkan, pria lebih aktif menggunakan otak kanan dibanding otak kiri. Tapi, wanita lebih mampu menyeimbangkan aktivitas otak kiri dan kanan. Efeknya, wanita lebih cerewet dibanding pria. Ukuran saraf yang menghubungkan otak kiri dan kanan menjadi penyebabnya. Pada pria, ukurannya lebih kecil seperempatnya.

Soal mengingat, wanita juga lebih jago. Ukuran pusat memori (hippocampus) punya wanita lebih besar. Hormon serotininnya yang lebih banyak,  menjadikan wanita tampil kalem. Zat oksitosin pada wanita juga berperan dalam mengikat seseorang dengan orang lain atau benda-benda.

Berkaca dari hal tersebut, pria memiliki kecenderungan lebih cepat naik pitam. Juga, pria menjadi sosok yang lebih banyak bertindak daripada berbicara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda