Scroll to Top

12 Tipe Pengguna Media Sosial

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 26 Jan 2013

Media Sosial

Pengguna social media beragam. Dari pelbagai kalangan dan usia. Seperti ditulis AllTwitter yang mengutip Column Five, berikut 12 tipe pengguna media sosial.

1. Narsis

Tipe ini mungkin banyak dan paling mendominasi. Pengguna berlomba-lomba memamerkan dirinya di media sosial. Entah murni narsis atau personal branding.

2. Self-promoter

Hampir serupa dengan tipe sebelumnya, jenis pengguna media sosial ini tak lelah memromosikan diri sendiri. Entah itu akunnya, atau akun siapapun itu yang ia pegang.

3. ‘Pemancingpujian

Tiga tipe pertama saling berkaitan. Narsis, promosi diri, akhirnya akan memicu sebuah reaksi. Reaksi ini bisa pujian positif atau negatif (hujatan). Nah tipe ini tentu saja ingin pujian yang positif, sebuah sanjungan.

4. Raja status

Tipe ini tak lelah memosting apapun. Upadate, update, dan update. Semenit tanpa update status ibarat kiamat baginya. Padahal apa yang ia unggah mungin tak penting.

5. Penggemar olahraga

Tipe ini didominasi oleh fans. Penggemar klub sepakbola, basket, atau atlit tertentu. Mereka akan menulis kabar terbaru, rumor, gosip, atau apapun terkait dengan idolanya.

6. Pengeluh

Tak ada larangan mengeluh di media sosial. Media ini adalah penyambung lidah antara konsumen dan produsen. Namun jangan terus selalu mengeluh. Orang akan menganggap Anda bukan tipe pekerja keras.

7. Ratu drama

Terlalu over, hiperbola, sebuah cerita ringan, diposting mengaharukan atau heroik. Itulah jenis tipe ini. Putus dengan kekasih, ya putus saja. Tak perlu dilebih-lebihkan atau ditambah bumbu cerita yang menghebohkan.

8. Pengacau

Tak hanya di dunia nyata, di media sosial sering pula terjadi keonaran. Seorang pengacau selain membuat keonaran biasanya ingin melahirkan tren tertentu yang celakanya gagal.

9. Kaum mantan

Postingan demi postingan, tweet demi tweet, foto demi foto, atau apapun itu terkait mantan Anda, jika kerap ditemui di media sosial berarti jadi sebuah pertanda. Ex Anda sedang menghantui dan menginginkan sesuatu.

10. Oversharer

Pengguna jenis ini sudah kelewat batas. Bahkan lebih parah daripada ‘raja status’. Jemarinya seakan tak miliki rem. Ibarat mobil, ia hanya miliki pedal gas saja. Terus update, update, dan update.

11. Keluarga baru

Tipe ini sering mengunggah harapan. Harapan untuk bayi dan keluarganya kelak. Biasanya jenis pengguna ini adalah wanita yang sedang hamil.

12. Maniak kamera

Ada dua jenis pengguna: fotografer dan model wannabe. Mereka selalu menfoto dan menfoto objek tertentu. Tak bosan-bosannya menfoto diri sendiri bahkan mengaku sebagai model. Ketika ditanya ‘tergabung di agency mana?’, dengan santai menjawab ‘Instagram!’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda