Scroll to Top

Bobol Sejumlah Bank, Anggota Anonymous Diganjar 18 Bulan Penjara

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 26 Jan 2013

anonymous

Jika ada yang bilang Anonymous selalu lolos di tiap aksinya, anggapan tersebut salah besar. Tiga anggota mereka harus dibui hingga 18 bulan akibat lakukan serangan DDoS pada sejumlah bank: Christopher Weatherhead (22), Ashley Rhodes (28), dan Peter Gibson (24).

Ashley Rhodes dan Peter Gibson hanya dibui tujuh dan enam bulan penjara serta diskors selama dua tahun. Christopher Weatherhead sendiri menerima hukuman paling berat 18 bulan sesuai dengan bobot kejahatannya.

Ia meretas sejumlah situs top dunia. Mulai Visa, Mastercard, hingga Paypal. Aksinya ini diperkirakan menimbulkan kerugian mencapai 3,5 juta pound atau sekitar Rp 53 miliar.

Ashley Rhodes didakwa bersekongkonl dengan Christopher Weatherhead atas kejahatan di tahun 2010 dan 2011. Sedangkan Peter Gibson tak terlalu banyak terlibat di aksi ini.

Trio Anonymous
Christopher Weatherhead, Ashley Rhodes, dan Peter Gibson

Distributed Denial of Serices (DDoS) adalah jenis serangan yang sering digunakan peretas tatkala membebani situs agar tak bisa diakses. Beberapa waktu lalu Anonymous sempat membuat petisi terkait dengan serangan DDoS ke Barack Obama.

Menurut Anonymous tak ada alasan yang kuat bagi untuk menyalahkan dan memenjarakan pihak yang melakukan serangan DDoS. Hacktivist ini berpendapat jika DDoS bukanlah aktivitas hacking.

“DDoS bukan hacking. Ini setara dengan menekan tombol refresh secara berulang-ulang di laman web,” tulis Anonymous di laman Petitions.Whitehouse.gov.

Sayangnya sebelum petisi ini ditanggapi, ketiga anggota mereka telah dibui. Nampaknya sebuah petisi tak cukup ampuh untuk melegalkan DDoS attack.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda