Scroll to Top

Nokia Resmi Tinggalkan Symbian

By Ditya / Published on Saturday, 26 Jan 2013

Symbian OS

Nokia akhirnya secara resmi meninggalkan sistem operasi Symbian yang pernah mendominasi pasar smartphone. Sistem operasi Symbian juga pernah berjasa mengantarkan Nokia sebagai pemain penting di pasar ponsel dan smartphone.

Produsen asal Finlandia ini telah resmi meninggalkan sistem operasi Symbian dan mengatakan bahwa Nokia 808 PureView adalah smartphone terakhir Nokia yang menggunakan sistem operasi yang pernah mendominasi pasar smartphone tersebut.

Nokia juga mengatakan bahwa pihaknya akan fokus pada smartphone Lumia yang menggunakan sistem operasi Windows Phone dan jajaran ponsel kelas menengah Asha yang menggunakan platform Nokia S40.

“Selama transisi kami ke Windows Phone hingga tahun 2012, kami terus kapalkan perangkat berbasis Symbian. Nokia 808 PureView, adalah perangkat yang menampilkan kemampuan imaging yang datang ke pasar pada pertengahan 2012, adalah perangkat Symbian terakhir dari Nokia,” kata perusahaan.

Selama kuartal keempat tahun 2012 ini, Nokia berhasil mengapalkan perangkat berbasis Symbian sebanyak 2,2 juta unit. Bandingkan saja dengan Nokia Lumia yang dikapalkan sebanyak 4,4 juta unit pada periode yang sama. Sedangkan total, Nokia telah mengapalkan 86,3 juta ponsel selama kuartal keempat tahun 2012 ini.

Symbian sendiri adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh Nokia, Ericsson, Motorola, dan Psion. Nokia pertama kali meluncurkan smartphone yang menggunakan sistem operasi Symbian melalui seri 7650 yang kemudian disusul dengan kehadiran Nokia 3650 dan 6600.

Sistem operasi Symbian pernah merajai pasar smartphone dan menguasai sekitar 73 persen pasar smartphone pada tahun 2006 lalu. Namun, kehadiran sistem operasi baru seperti Apple iOS dan Google Android secara perlahan-lahan membuat Symbian kehilangan pamor.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (25/01/2013), Nokia adalah produsen yang paling banyak menggunakan sistem operasi Symbian di jajaran produk smartphone-nya. Kini, Symbian telah ditinggalkan Nokia yang kini berpaling ke Windows Phone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda