Scroll to Top

Project Solar, Proyek Kapal Pesiar Bertenaga Surya

By Ditya / Published on Saturday, 26 Jan 2013

Project Solar

Sebuah kapal pesiar atau yacht bertenaga surya akan segera hadir berkat Project Solar hasil kerja sama OceanCo, Nuvolari Lenard Design, dan Dykstra Naval Architects. Kapal pesiar ini tak hanya ditenagai oleh tenaga surya, tapi juga angin.

Saat ini cadangan bahan bakar minyak atau fosil semakin menipis, padahal kebutuhan bahan bakar tersebut malah justru naik. Hal ini lah yang membuat OceanCo, Nuvolari Lenard Design, dan Dykstra Naval membuat proyek kapal pesiar dengan tenaga surya dan angin melalui Project Solar.

Project Solar sendiri adalah sebuah kapal pesiar berukuran besar atau superyacht yang diklaim lebih besar jika dibandingkan dengan arena sepak bola. Kapal pesiar Project Solar ini memiliki panjang 348 kaki.

“Kami sangat bangga dengan proyek, itu, Project Solar tidak hanya proyek terbesar tetapi proyek yang sangat ramah lingkungan. Proyek ini disebut Solar dan itu akan sangat bergantung dari daya energi surya,” kata Mohammed Al Barwani, Pemilik OceanCo.

Selain dilengkapi dengan panel surya hemat energi, superyacht Project Solar ini juga akan menggunakan sistem layar yang disebut dengan Dyna Rig. Dyna rig ini tak seperti layar tradisional yang memerlukan banyak kru dengan sistem tali, tapi menggunakan sistem elektronik.

Dyna Rig dapat dioperasikan secara elektronik tanpa membutuhkan banyak kru atau tenaga manual untuk mengoperasikan layar. Ini berarti bahwa ketika kondisi memungkinkan, kapal superyacht Project Solar dapat didorong oleh energi angin dan tidak menggunakan mesin.

Seperti yang dilansir dari TGDaily (25/01/2013) kapal superyacht Project Solar ini rencananya akan diluncurkan pada tahun 2015 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda