Scroll to Top

PS 4 Dibekali Game Kontroler dengan Touchpad Kapasitif?

By Ditya / Published on Saturday, 26 Jan 2013

PlayStation 4 Concept

Konsol Sony PlayStation 4 atau PS 4 dikabarkan akan menggunakan game kontroler model baru yang dilengkapi dengan touchpad kapasitif. Konsol PS 4 besutan Sony ini merupakan konsol game yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh gamer.

Sejak konsol PlayStation seri pertama dirilis tahun 1994 lalu, game kontroler konsol besutan Sony ini relatif tidak mengalami perubahan yang siginifikan. Beberapa fungsi telah ditambahkan, sebut saja motion-sensing dan umpan balik berupa getar di game kontroler.

Menurut sebuah laporan, Sony dikabarkan akan memperkenalkan kontroler baru untuk konsol PS 4, yakni sebuah touchpad kapasitif. Touchpad kapasitif ini diklaim akan memudahkan untuk bermain game-game tertentu.

Secara umum, desain game kontroler baru dari Sony ini tak jauh beda dengan game kontroler tradisional konsol PlayStation, yakni dilengkapi dengan beberapa tombol, dua thumbstick, dan shoulder trigger. Bedanya, hadir sebuah touchpad kapasitif dengan kemampuan 2 titik multitouch.

Secara teori, touchpad kapasitif dapat dipasang tidak hanya pada sisi depan kontroler, tetapi juga di bagian belakang, seperti pada PlayStation Vita. Kontroler touchpad secara teoritis harus memungkinkan PS4 pemilik untuk bermain setidaknya beberapa game untuk konsol portabel.

Saat ini masih sulit dibayangkan bagaimana kontroler berupa touchpad dapat digunakan untuk bermain game. Touchpad sendiri awalnya didesain untuk digunakan pada konsol game portabel.

Beberapa rumor lain menyebutkan bahwa konsol PS 4 ini akan dibekali kontroler berupa layar touchscreen. Namun, layar touchscreen sendiri cukup mahal dan sumbernya dinilai kurang kredibel.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (25/01/2013), konsol game Sony PS 4 dikabarkan akan diperkenalkan tahun ini di ajang E3. Konsol yang menggunakan nama sandi Orbis ini ditenagai grafis dari AMD Radeon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda