Laga antara PSIS berhadapan dengan PSCS Cilacap di Stadion Jatidiri Semarang Minggu 27 Januari 2013, menjadi partai pembuka Kompetisi Divisi Utama yang diselenggarakan PT Liga Indonesia.

Beragam persiapan dari sisi teknis dan non teknis sudah dilakukan oleh PT Liga Indonesia sejak beberapa bulan lalu.

Termasuk di antaranya penentuan gruping, jadwal, hingga workshop bagi klub peserta. Termasuk pula mempersiapkan perangkat pertandingan yang akan bertugas.

Permintaan lima klub yang sebelumnya bermain di Divisi Utama LPIS untuk ikut serta berkompetisi di Divisi Utama yang dikelola PT LI ini, segera disambut positif.

“Ketika ada keinginan dari beberapa klub untuk pindah ke kompetisi Divisi Utama yang dikelola oleh Liga, maka ini adalah amanah yang harus diakomodir” ungkap Togar Manahan Nero, seperti yang dilansir situs resmi PT LI.

Berkaitan dengan perubahan komposisi perserta, Togar menyatakan sudah dibahas dengan pertimbangan yang matang dalam rapat Komite Eksekutif (22/1/13) kemarin.

“Tentunya kita tidak akan mengabaikan aspek legalitas. Dengan dasar amanah Kongres Bali yang menetapkan maksimal peserta Divisi Utama sebanyak 44 klub dan adanya keinginan dari lima klub IPL, tentu PSSI harus melakukan terobosan dalam kerangka teknis yang masih bisa ditoleransi” jelas Togar Manahan Nero.

Berikut ini adalah pembagian Grup Divisi Utama 2013 yang berhasil dihimpun dari situs resmi PT Liga Indonesia

  • Grup 1 : PSAP Sigli, PSAB Aceh Besar, PSMS Medan, PSGL Gayo Lues, Persih Tembilahan, PS Bangka, Persisko Tanjung Jabung Barat, PS Bengkulu.
  • Grup 2 : Persitara Jakarta Utara, Persikad Kota Depok, Persikabo Kab. Bogor, Persip Pekalongan, Persitema Temanggung, PSIS Semarang, Persiku Kudus, Persipura Purwodadi, PSCS Cilacap.
  • Grup 3 : Persebaya Surabaya, Deltras Sidoarjo, PSBK Kota Blitar, Persekam Metro FC, Persid Jember, Persebo Bondowoso, Perseba Super Bangkalan, Persipas Passer, Perseta Tulung Agung.
  • Grup 4 : PS Sumbawa Barat,Persigo Gorontalo, Perssin Sinjai, PSBS Biak, Perseru Serui, Perseka Kaimana, Yahukimo FC, Persbul Buol.
  • Grup 5 : Persis Solo, PSIM Yogyakarta, PS Mojokerto Putra, Persewangi Banyuwangi, Persik Kediri, Madiun Putra, PPSM Sakti Magelang, Persipasi Kota Bekasi.