Scroll to Top

Tempe Bisa Mencegah Diabetes, Stroke, Hingga Kanker

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 26 Jan 2013

tempe

Bangsa ini mungkin memang perlu tempe. Sebab, istilah “bangsa tempe” tidak tepat bila dibandingkan dengan manfaat tempe yang luar biasa. Makanan asli Indonesia yang masih berkesan kurang “wah” ini, memiliki pengaruh positif untuk melancarkan proses pencernaan, menyehatkan jantung, mencegah diabetes, stroke, hingga menjauhkan dari kanker.

Dikutip dari Yahoo She, setelah tempe mengalami fermentasi oleh jamur Rhizopus oligosporus, akan keluar sebuah enzim yang bersahabat dengan pencernaan. Enzim ini aman dan membuat nyaman lambung. Selain itu, kadar stakiosa dan rafiinosa penyebab perut kembung akan menurun. Tempe termasuk makanan yang mudah dicerna tubuh dan menjagai kebaikan organ tubuh.

Sementara itu, menurut studi dari Universitas North Carolina ditemukan, tempe memiliki zat genestein dan phytoestrogen. Kedua zat tersebut membantu dalam pencegahan penyakit kanker prostat, kanker payudara, dan penuaan diri. Di samping itu, kandungan dalam tempe dapat membawa keluar kolesterol dan racun yang masuk ke tubuh.

Bagi penderita diabetes, tempe tergolong makanan yang ramah. Protein dan serat tempe dapat mencegah kenaikan gula darah. Tempe juga mencegah radang pembuluh darah yang kerap terjadi pada pasien diabetes. Kemampuan tempe dalam mengikat kolesterol jahat turut mebantu mengurangi risiko terjadi serangan jantung dan stroke. Protein dalam tempe diyakini mampu mengurangi kolesterol ini 30 sampai 40 persen.

Secara umum, tempe memiliki banyak sekali zat gizi. Dengan takaran 100 gram, tempe bisa memiliki 0,19 miligram vitamin B1, 155 miligram kalsium, 20,8 gram protein, 8,8 gram lemak, 34 mikrogram karoten, 1,4 gram serat, 326 miligram fosfor, dan 4 miligram zinc. Tempe bisa dkonsumsi untuk berbagai lapisan usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda