Scroll to Top

Cara Mengatasi Jet Lag Setelah Perjalanan Jauh

By Ilham Choirul / Published on Monday, 22 Aug 2011

Mengalami jet lag sangat tidak menyenangkan. Tubuh serasa masih berada dalam perjalanan padahal sudah berada di tempat tujuan. Jetlag biasanya akan terjadi setelah menempuh perjalanan lebih dari empat jam tanpa henti.

Jet lag muncul karena perjalanan panjang melintasi beberapa zona waktu. Kemampuan seseorang mengatasi jet lag juga berbeda. Ada yang bisa segera menyesuaikan jam biologis tubuh di tempat tujuan, dan ada pula yang satu minggu baru bisa sembuh dari jet lag.

Agar jet lag tidak menghampiri Anda, tetaplah bangun dan mengikuti ritme di tempat tujuan meski saat datang sudah malam. Anda bisa berjalan kaki atau berolahraga agar Anda letih dan tertidur pulas.

Namun, kalau perjalanan tersebut sudah membuat letih saat tiba di malam hari, segeralah tidur. Dengan melakukan tidur secara rutin setiap hari, akan mendorong tubuh menyesuaikan jam biologisnya dengan waktu setempat. Sebaiknya tidak memaksa tubuh begadang di malam hari agar tubuh bisa segera beradaptasi.

Jet lag juga bisa Anda cegah dengan mencukupkan istirahat sebelum melakukan perjalanan panjang. Kala Anda transit, bisa memanfaatkannya untuk istirahat atau melakukan kegiatan fisik untuk tubuh lebih bugar. Ikuti pula ritme waktu di tempat tujuan saat di kendaraan. Misalnya, saat Anda dalam perjalanan ternyata waktu di tujuan sudah waktunya tidur, maka Anda bisa tidur di kendaraan mengikuti waktu tempat tujuan. Dengan begitu, jam biologis Anda menyesuaikan.

Selama perjalanan panjang, apalagi di pesawat, dehidrasi tidak terhindarkan. Kandungan oksigen di pesawat juga kurang. Semua itu berakibat pada menurunnya daya tahan. Maka, minum air putih lebih banyak itu lebih baik. Walau nantinya Anda sering ke toilet, tapi itu membantu badan Anda lebih bugar saat sampai tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda