Scroll to Top

Ternyata Berselancar Di Internet Bisa Meningkatkan Efektifitas Kerja

By Moch Ridwan / Published on Monday, 22 Aug 2011

browsing-internetJangan merasa bersalah jika Anda mencuri waktu untuk sekedar berselancar di dunia maya. Kenapa? dalam suatu studi dinyatakan bahwa berselancar di internet akan dapat meningkatkan kinerja kerja Anda. Kok bisa?

Yep, setidaknya inilah yang berhasil terkuak dari salah satu studi yang berjudul ‘Dampak Cyberloafing Terhadap Peningkatan Psikologi’ yang dilakukan oleh Don J.G. Chen dan Vivien K.G Lim dari National Singapore University, dan telah di seminarkan di San Antonio, Texas USA dalam pertemuan Akademisi Manajemen tahunan, yang di prakarsai oleh asosiasi sarjana manajemen.

Web browsing atau istilah berselancar di internet ternyata dapat mengembalikan kesegaran pekerja yang mengalami kelelahan, dengan demikian mereka dapat meningkatkan produktifitas mereka kembali, jika dibandingkan dengan kegiatan lain seperti menelepon, mengirim email, atau menulis dengan menggunakan komputer.

Studi ini melibatan 96 mahasiswa manajemen yang dibagi ke dalam tiga kelompok, kelompok kontrol, kelompok yang mendapatkan jatah istirahat, dan kelompok peselancar internet. Ketiganya di beri tugas untuk memberi higlight pada tulisan sebanyak mungkin seperti contoh yang telah disediakan dalam waktu 20 menit. Selang 10 menit kelompok pertama diberi tugas tertentu, kelompok kedua diberi kesempatan bebas melakukan hal yang mereka senangi, dan kelompok ketiga diberi waktu untuk browsing internet. Selanjutnya mereka mengerjakan tugas untuk sisa waktu yang disediakan.

Hasil yang diperoleh, kelompok ketiga ternyata jauh lebih produktif dan efektif untuk mengerjakan tugas yang telah diberikan dbandingkan dua kelompok yang lain. Serta lebih rendah tingkat kejenuhannya, serta pningkatan kualitas yang lebih baik.

“Browsing diinternet ternyata berpengaruh terhadap fungsi restorasi otak, dibandingkan dengan mengirim email. Studi kedua yang melibatkan 191 orang dewasa menghasilkan hasil yang serupa,” demikian tutur peneliti.

Peneliti mengungkapkan bahwa orang yang berselancar diinternet biasanya hanya mengunjungi sius yang mereka sukai, efek yang sama terjadi saat kita mengunjungi kedai kopi favorit kita. Penggunaan masa istirahat dengan cara seperti ii ternyata secara alami memberikan efek kesenangan , dan efek kesegaran kembali bagi orang yang melakukannya. Itulah alasan kenapa berselancar di internet bisa merestorasi pikiran karayawan, tandas kedua peneliti tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda