Scroll to Top

Tanda-Tanda Kecanduan Makan

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 27 Jan 2013

hobi makan

Aktivitas makan bisa menimbulkan efek adiktif bagi sebagian orang. Penderitanya akan merasakan efek kecanduan untuk selalu makan dan makan lagi. Dia tidak peduli perutnya sudah penuh atau mungkin telah kekenyangan. Makan seolah seperti tindakan otomatis yang mesti dilakukan.

Dikutip dari Times of India, berikut ini tanda-tanda kecanduan makan:

  1. Kadang-kadang, setelah makan berlebihan, ada perasaan bersalah dalam pikiran. Perasaan ini merupakan tanda jika Anda sebenarnya sudah kecanduan untuk makan. Hanya saja, Anda belum mampu mencegah tangan untuk tidak memasukkan makanan ke mulut kala sudah kenyang. Mungkin Anda perlu mendatangi psikolog untuk mendapatkan bantuan.
  2. Orang yang kecanduan makan, suka sekali mengobrol tentang makanan. Bahkan, dia mungkin kerap dengan seketika mengajak berbicara soal makanan tanpa disadari secara penuh.
  3. Tanda yang cukup terlihat pada tubuh adalah naiknya berat badan. Pecandu aktivitas makan akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan karena tidak mampu mengontrol makannya. Kenaikan tersebut bisa berlangsung cepat.
  4. Wajarnya, setelah seseorang makan maka sinyal kenyang segera dikirim oleh otak beberapa waktu kemudian. Tapi, orang yang kecanduan makan cenderung terus mengisi perutnya sampai terasa tidak nyaman dan hampir mual. Ini cara yang salah untuk makan.
  5. Pecandu makan suka dengan acara yang di dalamnya banyak tersedia makanan. Dia punya semangat mencoba berbagai makanan sampai kekenyangan. Mungkin juga, dia akan membawa pulang  beberapa makanan yang disuguhkan pada acara untuk dimakan di rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda