Scroll to Top

Tablet Surface Pro 128GB Hanya Sisakan 83GB Ruang Kosong

By Ditya / Published on Sunday, 27 Jan 2013
Surface Pro
Tablet Surface Pro

Microsoft mengatakan bahwa tablet Surface Pro versi 128GB hanya menawarkan ruang penyimpanan kosong sebesar 83GB saja. Lalu, kemana kapasitas penyimapanan yang hilang tersebut? Ruang penyimpanan yang hilang tersebut digunakan untuk instalasi sistem operasi Windows 8 Pro yang digunakan tablet ini.

Tablet yang akan diluncurkan pada 9 Februari ini mengusung prosesor Intel generasi Ivy Bridge dari keluarga Core i5 ULV (Ultra-Low Voltage) dengan konsumsi daya maksimal 17W dan didukung grafis dari Intel HD Graphics 4000. Surface Pro ini juga dibekali memori RAM yang lebih besar dari Surface RT, yakni 4GB.

Surface Pro dibekali layar dengan ukuran yang sama dengan tablet Surface RT, yakni 10,6 inci. Namun, Surface Pro mengusung resolusi layar yang lebih tinggi, yakni 1920 x 1080 piksel, sehingga layar tablet ini menjadi lebih tajam dan padat.

Pengguna hanya mendapatkan 83GB ruang kosong dari 128GB total ruang penyimpanan tablet Surface Pro varian teratas tersebut. Ini berarti, sistem operasi dan aplikasi bawaan tablet Surface Pro ini memakan tempat hingga 45GB.

Jika hal yang sama juga terjadi pada tablet Surface Pro versi 64GB, maka tablet Surface Pro varian 64GB ini hanya menawarkan ruang kosong hanya 19GB. Hal ini sangat disayangkan, mengingat tablet Surface Pro ini dibandrol dengan harga setara dengan ultrabook.

Hal yang sema juga terjadi pada tablet Surface RT varian 32GB yang telah meluncur lebih dahulu, dimana pengguna tablet dengan sistem operasi Windows RT ini mengeluh hanya mendapatkan ruang kosong sebesar 14-16GB saja.

Menanggapi hal ini, Microsoft mengatakan bahwa tablet Surface Pro memiliki port USB 3.0 untuk menghubungkan tablet dengan hardisk eksternal berkapasitas besar. Tak hanya itu, Microsoft mengatakan bahwa Surface Pro juga didukung solusi cloud storage dari Sky Drive sebesar 7GB.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (26/01/2013), tentu saja kapasitas ruang penyimpanan yang kosong dari tablet Surface Pro yang dijual dengan harga setara Ultrabook ini termasuk kecil. Hal ini jelas akan mengecewakan peminat tablet Surface Pro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda