Scroll to Top

FA Cup 2013: Nasib Buruk Enam Wakil Premier League

By Wan Faizal / Published on Monday, 28 Jan 2013

Leeds 2-1 Spurs

FA Cup memang dikenal sebagai turnamen yang tak jarang menghasilkan kejutan. Tim-tim dari kasta bawah terkadang bisa tampil beringas kala harus bersua dengan wakil Premier League. Tak terkecuali musim ini, dimana ada enam tim dari kasta teratas sepakbola Inggris itu yang harus gugur karena kalah bersaing dengan tim dari divisi lebih rendah di putaran keempat FA Cup 2013.

Kisah pahit wakil Premier League diawali oleh Aston Villa yang memainkan laga lebih awal pada Sabtu (26/1/2013) dini hari WIB. Bertandang ke markas Millwall, The Den Stadium, Villa harus mengakui keunggulan tim dari Divisi Championship tersebut.

Millwall 2-1 Ast. Villa
Millwall 2-1 Aston Villa

Padahal, Villa sempat unggul 0-1 via gol Darren Bent. Namun mentalitas anak muda Villa akhirnya goyah. Millwall memanfaatkannya dengan baik dengan mencetak dua gol balasan lewat kepala Danny Shittu dan John Marquis.

Beralih ke pertandingan lain, Norwich City juga harus menanggung malu kala takluk dari Luton Town di Carrow Road yang merupakan markas mereka sendiri. Padahal, Luton merupakan tim dari Blue Square Bet Premiere, atau kasta kelima dari sepakbola Inggris. Namun sebuah gol Scott Rendell sudah cukup membawa mereka berpetualang lebih jauh di FA Cup musim ini.

Norwich 0-1 Luton
Norwich 0-1 Luton

QPR juga bernasib sial. Melawan Milton Keynes Dons dari League One, mereka harus takluk 2-4 setelah sempat tertinggal empat gol. Tak heran, manajer Harry Redknapp sampai murka dengan menyebut kekalahan tersebut adalah sebuah aib besar bagi timnya.

QPR 2-4 MK Dons
QPR 2-4 MK Dons

Tiga pertandingan di hari Minggu (27/1/2013) juga berakhir dengan kejutan. Diawali laga Brentford vs Chelsea yang digelar saat jam makan siang waktu setempat, kejutan hampir saja terjadi andai Fernando Torres tak mencetak gol beberapa menit jelang laga usai. Hasil imbang 2-2 memaksa dilakukannya laga replay di Stamford Bridge yang pastinya membuat Rafael Benitez kecewa lantaran akan mengurangi jatah istirahat anak asuhnya.

Brentford 2-2 Chelsea
Brentford 2-2 Chelsea

Tottenham Hotspur juga tertimpa apes. Melawat ke Elland Road, markas Leeds United, Spurs yang lebih diunggulkan tak disangka harus takluk 2-1. Luke Varney dan Ross McCormack hadir sebagai mimpi buruk bagi Spurs. Satu gol Clint Dempsey masih belum cukup untuk menyelamatkan nasib mereka.

Leeds 2-1 Spurs
Leeds 2-1 Spurs

Korban terakhir dari keganasan tim non Premier League adalah Liverpool. Bermain di Boundary Park, Liverpool gagal mengulang hasil manis musim lalu saat menang telak 5-1 atas Oldham Athletic. Tuan rumah tak dinyana sukses membalas dendam dengan menang dramatis, 3-2.

Hasil tersebut terasa luar biasa bagi Oldham. Pasalnya sebelum laga tadi, mereka mencatat hasil buruk di delapan pertandingan terakhir mereka di League One. Jonathan Grounds dkk hanya mencatat hasil sekali imbang dan tujuh kalah dalam delapan laga tersebut. Tak pelak kemenangan atas Liverpool mungkin akan membuat mental mereka berubah.

Oldham 3-2 Liverpool
Oldham 3-2 Liverpool

Jika sudah begini, rasanya tak ada alasan lagi bagi tim-tim Premier League untuk menurunkan pemain lapis kedua saat berlaga di FA Cup. Meski secara kualitas pemain masih kalah, namun semangat bertarung yang dimiliki tim dari divisi yang lebih rendah menjadi senjata ampuh untuk membuat malu tim-tim besar. Status underdog yang mereka sandang juga membuat mereka tak terbebani jika harus kalah dan menjadikan mereka bermain lepas. Tak percaya? Enam klub tersebut menjadi bukti nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda