Scroll to Top

Terkait Pemblokiran Vine Twitter, Ini Penjelasan Facebook

By Ibnu Azis / Published on Monday, 28 Jan 2013

VIne

Facebook menjelaskan alasan mengapa situsnya memblokir Vine. Meski tidak menyebut nama secara eksplisit, dalam penjelasannya jejaring sosial ini mengarah ke aplikasi video terbaru Twitter, Vine.

Pasca beberapa jam setelah diluncurkan, beberapa pengguna mendapati jika Vine tidak bisa mencari dan menambah teman dari Facebook. Pun juga mereka tak bisa berbagi video 6 detik ini ke Facebook.

Jika menarik ke belakang, Juli 2012 Twitter pun lakukan hal yang sama terhadap Instagram. Twitter membatasi API mereka yang berujung ketidakmampuan Instagram mencari dan menambah kontak teman dari Twitter.

Apakah ini semacam ajang balas dendam? Jawabnya iya dan tidak. Lewat sebuah postingan di blog pengembang, Facebook memberikan detail alasan mereka.

“Anda (pengembang) tidak bisa menggunakan platform Facebook untuk memromosikan atau mengekspor data pengguna dengan produk atau jasa yang mereplikasi produk inti atau layanan Facebook tanpa izin kami,” demikian tulis Facebook.

Secara sederhana Facebook menginginkan hak milik platform dilakukan secara adil. Facebook juga tak mengizinkan untuk ‘mereplikasi produk initi atau layanan’ mereka. Kalimat ‘mereplikasi produk initi atau layanan’ yang dimaksud adalah data pengguna yang akan diekspor untuk kontak.

Memasuki tahun 2013, genderang perang Facebook vs Twitter terus ditabuh. Konflik ini telah dimulai jauh-jauh hari di tahun 2012 lalu.

Banyak pengamat yang menilai perang ini akan usai tatkala Twitter merilis foto filter baru. Ternyata di awal tahun ini keduanya tetap saling sikut yang tentu saja efeknya merugikan pengguna di kedua belah pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda