Scroll to Top

FB dan Instagram Minta Nomor ID Pengguna untuk Verifikasi

By Ibnu Azis / Published on Monday, 28 Jan 2013

Paspor ID

Minggu lalu, Instagram ‘mengunci’ akun pengguna dan meminta mengonfirmasi dengan menunjukkan nomor ID atau nomor KTP. Mengapa mereka lakukan hal tersebut?

Per tanggal 19 Januari 2013 lslu, Instagram miliki kebijakan baru. Seperti diungkap oleh Talking Points Memo, permintaan identitas ini adalah salah satu dari poin kebijakan tersebut.

Tujuannya hanya satu, sebagai alat konfirmasi dan verifikasi. Pertanyaan kemudian, mengapa dan apa yang harus diverifikasi dan konfirmasi?

Setidaknya ada dua hal. Pertama, Facebook menjelaskan dengan nomor ID ini mereka akan bisa menelusuri jika ada pelanggaran. Dengan sederhana mungkin Facebook ingin lebih dengan mudah menetapkan siapa ‘tersangkanya’ atau orang yang bertanggung jawab.

Kedua, ini terkait kebijakan pengguna. Facebook sangat ketat dengan usia pengguna. Mereka tak mengizinkan anak-anak mengaksesnya. Dengan demikian, ID ini bisa lebih mudah menfilter usia kurang dari 13 tahun.

Facebook menjelaskan jika mereka hanya meminta nomor identitas dan tidak meminta pengguna mencantumkan nama asli. Sayangnya miskin informasi yang bisa digali tentang kebijakan baru ini, apakah khusus di US atau secara global.

“Ini hanyalah praktik biasa bagi Facebook dan Instagram meminta foto ID pengguna untuk verifikasi pada jenis pelanggaran yang mungkin terjadi. Sayangnya saya tak bisa berkomentar lebih jauh,” ujar salah satu jubir Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda