Scroll to Top

Ilmuwan Temukan Cara Tingkatkan Kapasitas Hardisk Hingga Lima Kali Lipat

By Ditya / Published on Monday, 28 Jan 2013

Hardisk Hitachi

Ilmuwan dikabarkan telah menemukan cara untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan hardisk hingga lima kali lipat dari kapasitas yang ada sekarang. Saat ini kapasitas hardisk 3,5 inci paling besar adalah 4TB, jika teknologi tersebut benar adanya, maka hardisk 3,5 inci bisa mencapai kapasitas penyimpanan 20TB!

Saat ini, sebagian produsen hardisk menggunakan teknologi perpedicular magnetic recording (PMR) yang kini mulai mencapai batas maksimal, yakni 1TB tiap inci persegi. Kini ilmuwan dikabarkan telah menemukan cara baru untuk meningkatkan kapasitas hardisk hingga lima kali lipat.

Metode perekaman lain yang menjadi favorit para ilmuwan adalah teknologi heat assisted magnetic recording (HAMR), tapi kini ilmuwan telah menemukan pendekatan baru untuk mengurangi titik-titik magnetik pada piringan hardisk dan mencegah data satu sama lain ketika digunakan dalam waktu yang sama.

Ilmuwan menggunakan pendekatan baru yang disebut dengan direct self assembly yang secara teori mampu memberikan peningkatan hingga 5 kali lipat dari kapasitas penyimpanan hardisk saat ini.

Teknologi direct self assembly ini tak hanya meningkatkan kepadatan data yang berarti juga meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan, tapi juga meningkatkan umtur hardisk 4 hingga 5 tahun lebih lama dibanding hardisk konvensional.

Metode direct self asembly ini berupa pembangunan semacam dinding pembatas antara titik penyimpanan. Ilmuwan menggunakan block copolymers yang memiliki kamampuan untuk merakit dirinya sendiri secara otomatis pada pola yang sangat teratur berupa titik atau garis. Hal ini akan memaksa hardisk memiliki titik penyimpanan yang lebih padat dari saat ini.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware (27/01/2013), saat ini teknologi direct self assembly ini masih dalam proses pengembangan. Para ilmuan bekerja sama dengan HGST untuk membuat hardisk dengan teknologi tersebut agar dapat diproduksi dengan harga ekonomis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda