Scroll to Top

Barcelona Resmi Memperpanjang Kontrak Xavi Hernandez Hingga 2016

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 29 Jan 2013

Barcelona Resmi Memperpanjang Kontrak Xavi Hernandez Hingga 2016

Xavi Hernandez telah resmi memperpanjang kontrak bersama Barcelona, klub yang membesarkannya, hingga 30 Juni 2016. Siapa pun yang berani membeli sang maestro Barca dalam kurun waktu tersebut, harus berani mengucurkan dana 80 juta Euro. Dalam hampir 15 tahun kariernya bersama tim senior Barcelona, Xavi boleh dikatakan sebagai pencipta sejarah bagi klub Catalan.

Lebih dari sebelas tahun lalu, seorang legenda bernama Pep Guardiola meninggalkan Barcelona untuk memulai karier bersama Brescia, klub ‘kecil’ di Liga Italia. Kala itu, Barca tengah berada dalam kondisi sulit. Dan seorang pemuda bernama Xavi Hernandez, produk akademi sendiri seperti halnya Pep, berjuang melewati masa-masa berat tersebut untuk kemudian memberikan segalanya untuk Barcelona.

Enam gelar La Liga sudah didapatkan oleh Xavi sepanjang kariernya di tim senior Barcelona. Belum lagi belasan gelar lain, termasuk tiga dari empat gelar Liga Champions Barca sepanjang masa. Ia yang awalnya disebut ‘terlalu muda dan kurang berpengalaman’ untuk menggantikan Pep Guardiola, kemudian bergerak lebih jauh. Posisinya lebih maju, dan kemampuannya sebagai pengatur irama tim semakin menjadi pula.

Dan kini, gelandang asal Terrassa mendapatkan kesempatan untuk bertahan lebih lama di Camp Nou setelah menandatangani kontrak. “Pilihan pertama saya, adalah, untuk senantiasa berada di sini. Klub (Barca) membuatnya jadi nyata, dan saya mengapresiasi itu. Saya akan tetap berusaha tampil seperti yang sudah terjadi selama ini,” kata Xavi.

Usia sang pemain, yang akan mencapai angka 36 kala kariernya berakhir, membuat banyak orang bertanya-tanya. Mampukah Xavi digantikan? Apakah Barca akan mengalami masa-masa sulit kala ia pensiun kelak? Xavi menolak hal tersebut. Baginya, ada banyak talenta di klub. Ucapan rendah hati meluncur dari bibirnya, “Hal ini sudah dibuktikan kala saya absen. Barca akan tetap sukses meski tanpa saya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda