Scroll to Top

BlackBerry 10, Mampukah Selamatkan RIM?

By Ditya / Published on Tuesday, 29 Jan 2013

BlackBerry 10 Seri L

Research In Motion atau RIM, pembesut smartphone BlackBerry dan tablet PlayBook ini akan meluncurkan platform BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013. Banyak yang mengatakan bahwa BlackBerry 10 ini adalah nafas terakhir dari RIM, lalu mampukan BlackBerry 10 menyelamatkan RIM dan bersaing dengan Android dan iOS?

Saat ini, perusahaan asal Kanada ini memang sedang terpuruk akibat penjualan yang menyusut dan munculnya pesaing kuat seperti Android dan iOS. Meski sempat dianggap hampir bangkrut, RIM masih memliki salvo terakhir melalui platform BlackBerry 10. OS baru seperti Tizen, Sailfish, dan Firefox OS juga tak bisa dianggap enteng oleh RIM.

BlackBerry 10 ini mengusung perubahan yang radikal jika dibandingkan dengan BlackBerry OS versi sebelumnya. RIM membekali BlackBerry 10 dengan berbagai fitur canggih seperti metode input teks yang baru, BlackBerry Remember, voice control, dan video chat melalui BBM.

Tak hanya itu, RIM juga menghadirkan dua varian BlackBerry 10, yakni BlackBerry Z10 dengan input full touchscreen dan BlackBerry X10 dengan QWERTY keypad. Konon, RIM akan membandrol smartphone BlackBerry 10 dengan harga yang lebih murah.

BlackBerry Z10 yang kemungkinan akan meluncur lebih dulu ini dibekali layar berukuran 4,2 inci dengan 1280 x 768 piksel dan kepadatan layar mencapai 356 piksel per inch. RIM juga melengkapinya dengan dukungan 3G HSDPA serta LTE.

Tak hanya itu, BlackBerry Z10 akan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon S4 MSM8960 dual-core dengan kecepatan 1,5GHz. Beberapa sumber menyebutkan bahwa BlackBerry Z10 ini ditenagai oleh chipset TI OMAP 4470 dual-core.

Terlepas dari spesifikasi yang diusung oleh smartphone BlackBerry Z10, mampukan platform BlackBerry 10 ini menarik perhatian pasar dan mengembalikan kejayaan RIM?

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (28/01/2013), banyak analis memperkirakan bahwa BlackBerry 10 akan gagal. Meski demikian, RIM tetap optimis akan sukses dengan BlackBerry 10. Hal ini terlihat dari jumlah aplikasi di BlackBerry World yang terus bertambah.

Tak hanya itu, RIM juga langsung membidik pasar bisnis dengan menggandeng sekitar 1.600 perusahaan untuk mengikuti program training BlackBerry 10. Mari kita lihat saja sepak terjang BlackBerry 10 setelah diluncurkan besok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda