Scroll to Top

Gizmo, Komputer Mini Berukuran 4 Inci Ditenagai AMD APU Seri G

By Ditya / Published on Tuesday, 29 Jan 2013
AMD Gizmo
Gizmo

AMD menggandeng GizmoSphere untuk meluncurkan komputer mini yang berukuran hanya 4 inci yang ditenagai oleh AMD APU seri G, yakni Gizmo. Komputer mini Gizmo ini datang untuk menyaingi Raspberry Pi dan VIA APC yang telah meluncur lebih dulu.

Berbeda dengan komputer mini lainnya seperti Raspberry Pi dan VIA APC yang ditenagai oleh prosesor berbasis ARM, Gizmo ini ditenagai oleh prosesor x86 dari AMD APU seri G. Hal ini memungkinkan komputer yang berukuran 4 inci ini untuk menjalankan sistem operasi Windows, Linux, dan Android.

Gizmo ditenagai oleh AMD APU (Accelerated Processing Unit) G-T40E dual-core yang berlari dengan kecepatan 1GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB dan grafis dari AMD Radeon HD 6250.

Komputer mini Gizmo ini juga dilengkapi fitur ang cukup lengkap, sebut saja dukungan SATA, USB, Display Port, PCIe, SPI, GPIO, PWM, Input ADC, Reset, dan counter.

Explorer Kit
Explorer Kit

Tak hanya menghadirkan komputer mini Gizmo, AMD dan GizmoSphere juga menghadirkan paket modul dan tambahan melalui paket Explorer Kit yang dapat digunakan oleh pengembang untuk membuat proyek kreatif, seperti IPTV, thin client, kios informasi,x86 set-top box, POS, dan berbagai proyek lainnya sesuai dengan keinginan pengembang.

Explorer Kit ini terdiri dari Sage SmartProbeĀ® JTAG Development Tool, Sage EDK Graphical Interface, SageBIOS, installation DVD, Quick Start Guide, Power Supply: 12VDC power supply lengkap dengan kabel, kabel Ethernet dan USB.

Seperti yang dilansir dari Hexus (27/01/2013), AMD mengklaim bahwa Gizmo merupakan komputer mini berukuran 4 inci yang mampu menghasilkan kinerja 52 gigaFLOPS dengan konsumsi daya kurang dari 10 Watt.

Gizmo dijual dengan harga USD $199 atau sekitar Rp 1,9 juta, lebih mahal dibandingkan dengan Raspberry Pi atau VIA APC. Hal ini wajar mengingat AMD Gizmo ini mengusung spesifikasi dan menawarkan kinerja yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda