Scroll to Top

Mahasiswa Universitas Brawijaya Temukan Energi Alternatif dari Suhu

By Ditya / Published on Tuesday, 29 Jan 2013

Listrik

Sebuah teknologi alternatif menggunakan suhu berhasil ditemukan oleh tiga mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang, jawa Timur. Energi alternatif yang berbasis suhu ini disebut dengan Hybrid Micro Thermoelectric Generator.

Tiga mahasiswa Universitas Brawijaya yang menemukan teknologi energi altenatif yang disebut Hybrid Micro Thermoelectric Generator itu adalah Rahmad Ananta, Dessy Lina Rachmawati dan Rifka Fahriza Jauhari.

Teknologi energi alternatif Hybrid Micro Thermoelectric Generator ini memanfaatkan suhu dingin dan panas untuk menghasilkan energi yang dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik

“Sebenarnya Hybrid Micro Thermoelectric Generator ini cara kerjanya diilhami oleh sistem kerja dispenser yang bisa menghasilkan energi panas dan dingin,” kata Rahmad Ananta.

Cara kerja Hybrid Micro Thermoelectric Generator untuk menciptakan sebuah energi listrik ini memerlukan suhu panas dan dingin dengan perbandingan 1:2. Jika suhu dinginnya 60 derajat celcius, maka suhu panasnya berkisar 30 derajat celcius, atau bisa juga sebaliknya.

Energi listrik akan dihasilkan melalui sebuah lempeng yang disebut dengan Elemen Peltier. Elemen Peltier ini juga mentransmisikan suhu dingin dan panas menjadi energi listrik.

Teknologi Hybrid Micro Thermoelectric Generator ini cocok digunakan untuk menghasilkan energi listrik yang besar untuk memenuhi kebutuhan industri.

Seperti yang dilansir dari AntaraNews (29/01/2013), teknologi Hybrid Micro Thermoelectric Generator rencananya akan dipatenkan atas nama ketiga mahasiswa tersebut.

Ketiga mahasiswa penemu Hybrid Micro Thermoelectric Generator ini kabarnya mulai mencari perusahaan untuk bekerjasama memanfaatkan teknologi Hybrid Micro Thermoelectric Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda