Scroll to Top

Apple Patenkan Teknologi Sepatu Pintar

By Ditya / Published on Tuesday, 29 Jan 2013

Sepatu Pintar

Apple dikabarkan telah mendapatkan paten konsep smart shoes atau sepatu cerdas. Tampaknya semua peralatan di masa depan akan mendapatkan label cerdas atau smart yang dibekali dengan fitur tertentu. Setelah sebelumnya isu jam tangan pintar ramai, kini giliran smart shoes atau sepatu pintar yang diperbincangkan.

Lalu, apa kelebihan sepatu pintar ini? Salah satu kelebihan sepatu pintar ini adalah ditanamkan sebuah chip yang akan mendeteksi dan mengingatkan pengguna sepatu ketika lelah.

Apple mengatakan bahwa chip tersebut akan mengintegrasikan sensor dan prosesor pada tumit sepatu dan berfungsi untuk mengingatkan pengguna ketika lelah atau sepatu sudah mulai usang dan perlu diganti.

Tak hanya itu, sepatu pintar ini juga akan mendeteksi dan merekam kebiasaan penggunaan sepatu oleh penggunannya. Sebagai contoh, jika pengguna telah berlari sejauh 800 mil, teknologi sepatu pintar ini akan melacak jarak dan seberapa keras kaki pengguna memukul ke tanah.

Selain mendeteksi perilaku pengguna, sepatu pintar ini juga dapat mendeteksi kegiatan lain seperti angkat berat. Sepatu cerdas akan memanfaatkan sensor tekanan untuk menentukan kapan sepatu itu mulai usang.

Paten yang diajukan Apple berjudul “Shoe wear-out sensor, body-bar sensing system, unitless activity assessment and associated methods” yang diajukan kembali oleh Apple pada bulan Juli 2012 dan kini paten tersebut telah resmi milik Apple.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (28/01/2013), ketika sepatu cerdas tersebut mulai usang, maka sepatu tersebut akan memanfaatkan lampu LED atau emancar nirkabel untuk menyampaikan peringatan pada pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda